Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian UT PGSD PDGK4406 Pembelajaran Matematika SD Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4406 Pembelajaran Matematika SD lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya kami share untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka yang sekarang ini akan menghadapi Ujian Akhir Semester.

Sebelum ini kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 7 terkahir kami membagikan Contoh Laporan UT PGSD Praktikum IPA di SD PDGK4107 yang bisa Anda lihat, jika contoh laporan tersebut Anda butuhkan. Dan kali ini yang akan kami bagikan adalah Soal Ujian UT PGSD Semester 8 yang sama seperti sebelumnya, sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Maksud kami membagikan Soal Ujian UT PGSD ini tidak lain adalah untuk bahan belajar Mahasiswa dalam mendalami materi yang sudah di pelajari. Sehingga ketika akan menghadapi Ujian Akhir Semester, Mahasiswa akan lebih siap dan percaya diri.

Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi pada modul, dan latihan-latihan mandiri pada modul yang telah di pilih dan diprediksi yang kemudian di kemas lagi dalam bentuk latihan pilihan ganda yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Perhatian: Soal Ujian UT PGSD Semester 8 ini menggunakan kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa lama X (Sepuluh) semester, jika soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.

Soal Ujian UT PGSD Semester 8 Lainnya:


Soal UT PGSD  yang kami bagikan ini tak jarang keluar pada saat UAS nantinya dan soal sama persis atau di balik antara soal jadi jawaban dan pertanyaan jadi soal. Hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya.

3.  Agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, maka prinsip yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran diantaranya
A.  mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat dan beragam
B.  berorientasi pada lingkungan
C.  memperhatikan keadaan pendidikan
D.  mempelajari materi yang disajikan
Jawab:
A.  Benar, agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai perkembangan zaman maka harus mempunyai cirri/ prinsif
Pembahasan:
Bacalah KB 2 pada modul 1 tentang pelaksanaan pembelajaran matematika yang konstruktivistik

4.  jumlah siswa kelas I dan kelas III adalah 10 orang, jumlah siswa kelas I dan II sebanyak 7 orang, sedangkan jumlah siswa kelas II dan III sebanyak 12 orang. Dengan menggunakan penyelidika matematis berapa jumlah siswa keseluruhan?
A.  12
B.  13
C.  14
D.  15
Jawab:
D.  Benar
Pembahasan:
Dik I+III=10
I+II=8
II+III=12
Dit: I+II+III

Jawab
(I) I+II=8
I+III=10
II-III=-2

(II) II-III=-2
II+III=12
-2III=-14
III=7

(III) I+III=10
I+7=10
I=3

(IV) I-II=8
3+II=8
II=5

Jadi
I=3
II=5
III=7
I+II+III=15

Lihat Juga:
5.  Kriteria yang harus dimiliki dalam memilih media pembelajaran matematika, kecuali
A.  ketersediaan alat
B.  harga dan kualitas media
C.  keterampilan menggunakan media
D.  kecocokan dengan materi pelajaran
Jawab:
B.  Benar
Pembahasan:
Bacalah modul 2 KB 1 Tentang media dalam pembelajaran matematika SD


6.  untuk menjelaskan operasi dan konsep pecahan maka bahanmanipulatif yang dapat dipakai adalah
A.  kertas/karton
B.  plastik
C.  pensil
D.  Kawat
Jawab:
A. Benar, manfaat dari kertas/ karton diantaranya dapat menjelaskan pecahan (konsep, sama/seniali, operasi)
Pembahasan:
Bacalah modul 2 KB 2 tentang bahan dalam pembelajaran Matematika SD

7.  dari bentuk kalimat matematika dibawah ini yang data dijadikan awal pembahasan bilangan bulat adalah
A.  7 +…=15
B.  18+2=…
C.  15+…=8
D.  17+7=…
Jawab:
C.  Benar, persoalan yang sering muncul adalah berkaitan dengansoal-soal bagaimana memberikan penjelasan dan cara menanamkan pengertian operasi tersebut secara kongkrit. Jawaban C benar karena dapat memancing siswa untuk menyelesaikan operasi bilangan secara kongkrit
Pembahasan:
Bacalah KB 1 modul pembelajaran materi bilangan bulat SD serta ragam permasalahannya

8.  Jika 7 buah manik-manik bertanda postif disimpan Rita diatas meja, kemudian disimpan pula manik-manik netral ( positif+negatif) sebanyak 5 buah. Tidak lama kemudian Rita mengambil manik-manik bertanda positif sebanyak 10 buah. Peragaan diatas memperlihatkan bentuk operasi hitung:
A.  7+10
B.  7-(-10)
C.  7-10
D.  -7+(-10)
Jawab:
C.  Benar
langkah 1 => manik-manik (+) =7
langkah II => manik-manik netral => (+)=12
(-)=5
langkah 3=> manik manik berekurang 10 jadi 7-10=-3
Pembahasan:
bacalah modul 3 KB 1 tentang pembelajaran materi Bilangan Bulat di SD serta ragam permasalahannya

9.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 56
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 64
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 66
  • Itulah postingan kami terkait Soal Ujian UT PGSD PDGK4406 Pembelajaran Matematika SD Disertai Kunci Jawaban, semoga dengan adanya soal ini akan membantu Anda menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi soal ini pada teman Anda yang lainnya, dengan cara berbagi ke sosial media Anda ya. Dan jika Anda memiliki pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.