Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan di semester 8.

Pada postingan kami sebelumnya kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 8 yaitu Soal Ujian UT PGSD PEBI4223 Pendidikan Lingkungan Hidup yang bisa Anda lihat juga untuk nantinya di pelajari sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester,

Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi pada modul, dan latihan-latihan mandiri pada modul yang telah di pilih dan diprediksi yang kemudian di kemas lagi dalam bentuk latihan pilihan ganda yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Perhatian: Soal Ujian UT PGSD Semester 8 ini menggunakan kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa lama X (Sepuluh) semester, jika soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.

Soal Ujian UT PGSD Semester 8 Lainnya:

Dan tak jarang soal yang kami bagikan ini nantinya akan keluar sama persis dengan soal UAS. Hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya. Mereka sangat terbantu dengan adannya soal-soal seperti ini. Untuk itu silahkan Anda pelajari soal ini dengan baik.

20. Perbedaan pengertian asimilasi dan akomodasi dalam membangaun pemahaman dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.  asimilasi merupakan proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penggunaan pemahaman sebelumnya
2.  akomodasi adalah perubahan struktur mental awal anak sesuai dengan pengalamannya
3.  asimilasi merupakan penanaman struktur mental yang beradaptasi dengan struktur fisik
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, karena pengetahuan yang kompleks merupakan proses akomodasi

21. Model belajar penemuan dipandang sebagai suatu belajar yang terjadi apabila siswa tidak diberi konsep namun melakukan penemuan tentang konsep tersebut. Model belajar tersebut dimaksudkan agar siswa ....
1.  menemukan pengetahuan secara aktif
2.  mampu memecahkan masalah
3.  mendapatkan pengetahuan yang bermakna
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar
         
22. Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. Contoh model pembelajaran penemuan bagi siswa SD diantaranya dapat diterangkan melalui kegiatan siswa ....
1.  mengamati perubahan wujud
2.  menggambarkan contoh bunga lengkap
3.  membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, karena tidak termasuk contoh model penemuan

23. Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner dapat ditunjukkan oleh hal beriku:
1.  anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2.  anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3.  anak pada tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

24. Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....
1.  informasi verbal
2.  keterampilan-keterampilan intelektual
3.  strategi kognitif
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena merupakan taksonomi hasil belajar menurut Gagne

25. Berdasarkan skema disamping dapat dijelaskan bahwa
1.  Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2.  Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3.  Tumbuhan mengeluarkan oksigen
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, karena Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup, Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup dan tumbuhan juga mengeluarkan oksigen

26. Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1.  Inkuiri Ilmiah
2.  Bekerja dan bersikap ilmiah
3.  Keterampilan berkomunikasi
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena merupakan butir-butir yang diperlukan dalam pembelajaran dengan pendekatan IPA SD

27. Pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru antara lain:
1.  menggunakan lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2.  menjelaskan tentang penyebab sungai tercemar
3.  menjelaskan cara mencintai lingkungan agar bersih dan sehat
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar

28. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya mempunyai kompetensi dasar peserta didik mampu menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain adalah ....
1.  mendefinisikan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara
2.  melakukan analisis, sintesis dan evaluasi dalam membuat parasut dari plastik
3.  membuat kapal berbaling-baling dari logam
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, karena bukan pendekatan yang dimaksud

29. Metoda diskusi dapat dipilih guru untuk melengkapi kegiatan percobaan yang telah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa karena kelemahan penggunaan metoda diskusi antara lain adalah ....
1.  mempertinggi peran serta siswa secara perorangan
2.  pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3.  siswa yang pandai cenderung aktif berbicara
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, karena merupakan kekuatan penggunaan metoda diskusi bukan kelemahan

30. Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat diberikan bila guru menggunakan metoda ....
1.  eksperimen
2.  diskusi
3.  demonstrasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar, karena metoda eksperimen dan demonstrasi dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dengan menggunakan alat-alat sederhana, tidak berbahaya dan mudah didapat sedangkan Butir 2 Salah, karena siswa kelas III belum tepat bila diberi diskusi

31. Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi matahari, dapat diberikan guru dengan menggunakan metoda ....
1.  ceramah dan gambar-gambar
2.  simulasi
3.  eksperimen
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkat Butir 3 Salah, karena tidak mungking bereksperimen dengan sesungguhnya

32. Siswa melakukan penyelidikan tentang macam-macam bentuk tulang daun, dari sejumlah tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain adalah ....
1.  mengobservasi
2.  mengukur
3.  mengklasifikasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar karena siswa mengamati / memeriksa dan akhirnya menyimpulkan dan dapat dilakukan untuk melihat bentuk daun sedang Butir 2 Salah, karena tidak bertujuan untuk mengukur

33. Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan parallel" melalui percobaan dengan memberikan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut diantaranya adalah ....
1.  membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2.  mengamati hasil percobaan
3.  menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena siswa mengamati / memeriksa, melihat perbedaan, menuliskan hasil percobaan akhirnya menyimpulkan

34. Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis adalah ....
1.  jika suhu air meningkat, maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2.  mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya berat air
3.  meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui penggunaan variasi media
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar karena ditunjukkan dengan ada prediksi berkenaan dengan proses penggunaan observasi. Sedang Butir 3 Salah, karena tidak menggambarkan prediksi

35. Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain adalah ....
1.  sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.  memberi kesempatan siswa untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3.  mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat media
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

36. Peran alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan proses adalah ....
1.  membangkitkan keingintahuan siswa tentang materi yang diajarkan
2.  memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa karena pembelajaran akan tersimpan lama dalam ingatannya
3.  memberikan pengalaman nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk mandiri dalam bekerja
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena peran alat peraga memeng diantaranya sebagai membangkitkan rasa ingin tahu siswa, pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan memberi pengalaman belajar pada siswa

37. Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan kelayakan penggunaan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan guru dalam pemilihan alat peraga adalah ....
1.  alat peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal siswa
2.  alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3.  semua siswa harus terampil menggunakanny
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkan Butir 3 Salah karena tidak semua siswa harus terampil, nila alat terlalu sulit dapat dilakukan demonstrasi oleh guru


38. Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1.  mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2.  mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3.  mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena terintegrasi merupakan keterpaduan konsep-konsep baik itu dalam satu atau berbagai disiplin ilmu. Pernyataan soal ini tidak membedakan antara inter dan anatar disiplin ilmu

39. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah dapat digunakan tema "Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut merupakan keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1.  Bahasa Indonesia
2.  Ilmu Pengetahuan Alam
3.  Ekonomi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, karena merupakan mata pelajaran yang terdapat di kelas rendah sedang Butir 3 Salah, karena mata pelajaran ekonomi tidak secara khusus diberikan di SD

40. Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut dapat diukur tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1.  Proses berfikir
2.  Pengembangan kepribadian
3.  Kemampuan keterampilan
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

41. Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1.  mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2.  mengukur kemampuan kognitif siswa
3.  mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, karena kognitif adalah bagian dari kognitig, afektif dan psikomotor

42. Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....
1.  Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2.  Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3.  Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organik
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah karena anak timbangan tidak dapt dipegang langsung dapat mengganggu berat akibat adanya zat atau keringat yang menempel

43. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....
1.  dapat mencakup banyak siswa
2.  waktu yang digunakan lebih sedikit
3.  mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

44. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1.  Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2.  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
Jawab:
Pernyataan 1 berkenaan dengan sistem Pendidikan Nasional
Pernyataan 2 berkenaan dengan standar Nasional Pendidikan
Pernyataan 3 berkenaan dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan

45. Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Dasar pengembangannya adalah ....
1.  adanya kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan
2.  memberi pengalaman pada peserta didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3.  kepentingan pemerintah pusat dan daerah untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

46. Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah ....
1.  Merumuskan misi sekolah
2.  Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3.  Tujuan satuan pendidikan
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang  Butir 2 Salah karena TIU sudah tidak lagi digunakan tetapi dikembangkan Kompetensi dasar yang dijabarkan dari Standar Kompetensi yang telah ditetapkan

47. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain adalah ....
1.  mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2.  mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.  mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi peserta didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar

48. Materi essensial kelas IV diantaranya adalah lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang dapat dipilih guru adalah pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
1.  mengajak siswa mengamati saluran air di sekitar sekolah
2.  mempertunjukkan gambar-gambar film tentang sungai yang berwarna kelam dan sungai yang bersih
3.  mengamati gambar mencairnya gunung es akibat panas yang tinggi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar Sedangkan Butir 3 Salah karena panas tinggi diduga akibat pemanasan global

49. Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan Sehat, metoda yang dapat dipilih guru antar lain adalah ....
1.  kunjungan lapangan / observasi di daerah sekitar sekolah
2.  eksperimen / demonstrasi di kelas tentang uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3.  ceramah dan tanya jawab tentang gambar-gambar lingkungan sehat
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, karena SD belum belajar tentang kandungan zat pencemar dalam air sungai

50. Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rangkaian listrik sederhana seperti logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1.  konduktor dan isolator
2.  rangkaian listrik seri dan parallel
3.  rangkaian tertutup
Jawab:
Butir 1 logam dasar baik dalam menghatar listrik, sedang kayu tidak
Butir 2 rangkaian listrik dapat diberikan secara seri dan parallel
Butir 3 rangakaian tertutup dapat menghindarkan listrik dengan baik

Download Soal UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD

Soal ini juga telah kami siapkan dalam bentuk dokumen pdf yang bisa Anda untuh langsung melalui link berikut ini.

Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD Disertai Kunci Jawaban, semoga dengan adanya soal ini akan membantu Anda menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi soal ini pada teman Anda yang lainnya, dengan cara berbagi ke sosial media Anda ya. Dan jika Anda memiliki pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.