Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian UT PGSD PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus lengkap dengan kunci jawabannya kami posting untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang sekarang ini akan menghadapi Ujian Akhir Semester.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun telah berbagi kumpulan Soal Ujian UT PGSD Semester 5 terakhir kami mempeosting Soal Ujian UT PGSD PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD yang juga bisa Anda lihat dan pelajari jika memang mata kuliah tersebut akan Anda ujiankan.

Masih sama seperti soal-soal sebelumnya, Soal Ujian UT PGSD Semester 6 inipun kami bagikan pada Anda sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya. Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi pada modul Anda dan latihan-latihan mandiri yang telah di pilih untukkemudian dijadikan latihan soal yang sudah dilengkapi jawabannya.

Lihat Juga :
Dan tak jarang Soal Ujain UT PGSD  ini akan keluar pada saat Ujian Akhir Semester nantinya, karena semua soal yang kami bagikan sudah di prediksi dan tentunya mudah untuk di pahami dan di ingat.

Perhatian: Soal Ujian UT PGSD Semester 6 ini menggunakan kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa lama X (Sepuluh) semester, jika soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.

Soal Ujian UT PGSD Semester 6 Lainnya:

Jawaban Soal Evaluasi PAI Kelas 12

28. Berikut ini merupakan hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan saat terjadinya ketunarunguan pada seseorang, yaitu .........
A.  mengoptimalkan fungsi sisa pendengarannya
B.  mempertimbangkan alat bantu dengar yang sesuai dengan anak
C.  pemerolehan bahasa anak
D.  memberikan bimbingan dalam menggunakan bahasa tubuh
Jawab:
C.  Benar, pemerolehan bahasa anak, merupakan bentu dari saat terjadinya ketunarunguan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5, KB 3 Kebutuhan Khusus dan Profil Pendidikan bagi Anak Tunarungu dan Anak dengan Gangguan Komunikasi

29. Pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa tunarungu untuk belajar bersama-sama dengan siswa mendengar di sekolah biasa/regular, disebut pendidikan dengan sistem.......
A.  Segregasi
B.  kelas jauh/kelas kunjung
C.  integrasi
D.  pendidikan inklusif
Jawab:
D.  Benar, pendidikan inklusif menuntut sekolah untuk melakukan penyesuaian baik dalam segi kurikulum, sarana dan prasarana, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tunarungu
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5, KB 3 Kebutuhan Khusus dan Profil Pendidikan bagi Anak Tunarungu dan Anak dengan Gangguan Komunikasi

30. Klasifikasi penyandang tunagrahita yang menitikberatkan pada kebutuhannya, seperti:(1) bantuan itu dibutuhkan secara berkala atau tidak selalu membutuhkan bantuan, (2) sering membutuhkan bantuan, (3) yang membutuhkan bantuan dalam jangka lama dan bantuanya serius; dan (4) kebutuhan bantuan sepanjang waktu. Klasifikasi tersebut dikelompokkan …..
A.  oleh AAMR 1992
B.  sesuai dengan PP 72 Tahun 1991
C.  berdasarkan kelainan jasmani yang disebut tipe klinis
D.  oleh American Asociation on Mental Deficiency
Jawab:
A.  Benar, AAMR menitikberatkan penyandang tunagrahita pada empat kebutuhan seperti di atas
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 Kb1. Definisi, Klasifikasi, Penyebab terjadinya, dan Cara Pencegahan

31. Tunagrahita pada diri seseorang bisa disebabkan oleh adanya penyakit Rubbela (campak Jerman) pada janin. Selain itu adanya infeksi penyakit Syphilis. Faktor penyebab seperti ini diakibatkan oleh ....
A.  Genetik dan kromosom
B.  Pada pra Kelahiran
C.  Pada saat Kelahiran
D.  Selama masa perkembangan anak-anak
Jawab:
B.  Benar, penyakit rubella dan syphilis dapat tumbuh pada masa pra kelahiran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 KB1 Definisi, Klasifikasi, Penyebab terjadinya, dan Cara Pencegahan

32. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan terjadinya tunagrahita pada seorang anak, salah satunya adalah ….
A.  selama kehamilan, si ibu harus rajin beribadah kepada Tuhan YME
B.  tidak ada rasa dendam kepada orang lain
C.  setelah anak lahir, si ibu dilarang melakukan hubungan sex bebas
D.  Sanitasi lingkungan
Jawab:
D.  Benar, yaitu mengupayakan terciptanya lingkungan yang baik sehingga tidak menghambat perkembangan bayi/anak
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 KB1 Definisi, Klasifikasi, Penyebab terjadinya, dan Cara Pencegahan

33. Dari segi akademik, anak penyandang tunagrahita lebih menyukai terhadap mata pelajaran …
A.  matematika
B.  kesenian dan olah raga
C.  agama
D.  IPA
Jawab:
B.  Benar, sebab pembelajaran yang bersifat aplikatif seperti kesenian dan olahraga lebih menyenangkan bagi mereka
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 Kb 2. Karakteristik Anak Tunagrahita

34. Tujuan pendidikan anak tunagrahita dikemukakan oleh Suhaeri HN (1980) terbagi atas tiga bagian, yaitu tujuan pendidikan anak tunagrahita ringan tujuan pendidikan anak tunagrahita sedang , dan tujuan pendidikan anak tunagrahita berat. Salah satu tujuan pendidikan anak tunagrahita seperti berikut ini adalah agar anak tunagrahita dapat ….
A.  bergaul di masyarakat
B.  mengurus diri secara sederhana
C.  mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana
D.  melakukan kesibukan yang bermanfaat
Jawab:
C.  Benar, agar anak dapat mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana merupakan tujuan pendidikan bagi penyandang tunagrahita sedang
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 Kb 3. Kebutuhan dan Jenis Layanan Pendidikan Anak Tunagrahita

35. Berikut merupakan strategi yang paling efektif diterapkan pada kelompok murid yang memiliki kemampuan heterogen, adalah …..
A.  pengajaran yang diindividualisasikan
B.  modifikasi tingkah laku
C.  kooperatif
D.  belajar kelompok
Jawab:
C.  Benar, kooperatif merupakan strategi yang relevan dengan kebutuhan anak tunagrahita di mana kecepatan belajarnya tertinggal dari anak normal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 6 Kebutuhan dan jenis layanan pendidikan anak tunagrahita

36. Anak tunadaksa yang dapat mengikuti pelajaran sama dengan anak normal, adalah …..
A.  yang mengalami kelainan pada sistem otot dan rangka
B.  yang mengalami kelainan persepsi
C.  anak cerebral palsy yang kelainannya berat
D.  anak yang mengalami gangguan pada simbolisasi
Jawab:
A.  Benar, karena anak tunadaksa yang mengalami kelainan pada sistem otot dan rangka umumnya mempunyai intelegensi normal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB 1 Klasifikasi, dan Dampak tunadaksa

37. Umumnya masyarakat mengganggap anak berkelainan jenis ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dan dianggap sebagai beban masyarakat serta lingkungannya. Maksud dari pernyataan di atas adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam ….
A.  keleluasaan gerak dan memposisikan diri
B.  komunikasi
C.  keterampilan memelihara diri
D.  psikososial
Jawab:
D.  Benar, bagi remaja dengan kelainan fisik, banyak yang mengalami tidak percaya diri dan harga diri, sehingga mengakibatkan keterbatasan dalam bergaul
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7, KB 2 Kebutuhan Khusus dan Profil Pendidikan Anak


38. Salah, satu isi dari KTSP dalam bentuk pendidikan segregasi (terpisah) untuk kurikulum anak tunarungu, adalah pengembangan kemampuan dasar, pengembangan bahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan pendidikan jasmani, merupakan materi dari kurikulum tingkat ……
A.  TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa)
B.  SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa)
C.  SLTPLB (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa)
D.  SMLB (Sekolah Menengah Luar Biasa)
Jawab:
A.  Benar, sebab isi dari KTSP TKLB adalah Kemampuan Dasar (Moral Pancasila, Agama, Disiplin, Perasaan, Emosi, dan Kemampuan Bermasyarakat), Pengembangan Bahasa, Daya Pikir, Daya Cipta, Keterampilan dan Pendidikan Jasmani.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB 2. Kebutuhan Khusus dan Profil Pendidikan Anak Tunadaksa

39. Anak tunalaras adalah anak yang secara kondisi dan terus menerus menunjukkan penyimpangan tingkah laku tingkat berat yang mempengaruhi proses belajar. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
A.  Kauffman (1977)
B.  Nelson (1981)
C.  Sechmid dan Mercer (1981)
D.  Public Law 94-242
Jawab:
C.  Benar, menurut Sechmid dan Mercer anak tunalaras adalah anak yang secara kondisi dan terus menerus menunjukkan penyimpangan tingkah laku tingkat berat yang mempengaruhi proses belajar meskipun telah menerima layanan belajar serta bimbingan, seperti anak lain
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB 3 Definisi, Penyebab, Klasifikasi, dan Dampak Tunalaras

40. Jelaskan akibat dari penggunaan metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak tunalaras…
A.  menjadikan anak merasa bosan dan tidak betah berada di sekolah
B.  membuat anak merasa tidak puas terhadap sekolah
C.  membuat anak bosan dan merasa lelah
D.  murid sering membolos berkeliaran di luar sekolah pada jam-jam belajar, kadang-kadang digunakan untuk merokok, tawuran, dan lain-lain.
Jawab:
C.  Benar, membuat anak bosan dan merasa lelah merupakan akibat dari penggunaan metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB 4. Kebutuhan Khusus Anak Tunalaras

41. Model ini menghendaki dalam memperbaiki problem perilaku agar mengupayakan interaksi yang baik antara anak dengan lingkungannya. Model yang dimaksud adalah …
A.  biogenetic
B.  behavioral (tingkah laku)
C.  psikodinamika
D.  ekologis
Jawab:
D.  Benar, ekologis menganggap bahwa kehidupan ini terjadi karena adanya interaksi antara individu dengan lingkungannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB 4. Kebutuhan Khusus Anak Tunalaras

42. Kesulitan belajar pada gangguan jenis ini dialami anak terutama dalam pemahaman atau dalam penggunaan bahasa, lisan atau tulisan, dimana (gangguannya) dimanifestasikan dalam ketidak sempurnaan dalam mendengarkan, memikirkan, mengucapkan,membacakan, menuliskan, mengeja atau perhitungan matematis. Kesulitan belajar yang dimaksud adalah …
A.  perceptual disabilities dan brain injury
B.  Specific learning disabilitiy
C.  learning problem
D.  brain damage
Jawab:
B.  Benar, penyebab dari Specific learning disabilitiy diakibatkan oleh gangguan yang dimanifestasikan dalam ketidak sempurnaan dalam mendengarkan, memikirkan, mengucapkan, membacakan, menuliskan, mengeja atau perhitungan matematis
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 1 Definisi, penyebab, dan jenis-jenis kesulitan belajar

43. Ayah dari Agus adalah seorang guru besar pada salah satu universitas ternama di Bandung, sementara ibunya seorang dokter ahli penyakit dalam pada rumah sakit swasta ternama di kota yang sama. Sejak kecil Agus tinggal bersama neneknya. Di sekolahnya Agus bukanlah anak yang cerdas, bahkan di kelas 3, dia pernah tidak naik kelas. Jika dibandingkan dengan kedua orangtuanya, Agus sangat jauh berbeda terutama dalam hal kecerdasannya. Kesulitan belajar yang dialami oleh Agus diakibatkan oleh faktor …
A.  keturunan/genetik
B.  teratogenik
C.  pola asuh
D.  medis
Jawab:
C.  Benar, sebab pola asuh yang diterapkan oleh nenek Agus kurang menunjang aspek pendidikannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 1 Definisi, penyebab, dan jenis-jenis kesulitan belajar

44. Dampak dari anak berkesulitan belajar jenis ini adalah anak menjadi kurang percaya diri , merasa cemas, dan takut melakukan kesalahan yang akan menjadi bahan cemoohan teman-temannya, sehingga ia menjadi ragu-ragu dalam berinteraksi dengan lingkungannya atau mengasingkan diri. Berkesulitan belajar yang dimaksud adalah …
A.  mengalami gangguan dalam masalah mengingat dan berpikir
B.  gangguan dalam perhatian dan hiperaktif
C.  masalah persepsi dan koordinasi
D.  pemisahan pandangan laki-laki dengan perempuan
Jawab:
D.  Benar, dampak dari kurang mampu menyesuaikan diri adalah anak menjadi kurang percaya diri , merasa cemas, dan takut melakukan kesalahan yang akan menjadi bahan cemoohan teman-temannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 2. Karakteristik anak berkesulitan belajar

45. Tes ini terdiri dari 50 item dan setiap kartu berisi 10 item meliputi konsonan dan vokal. Tes yang dimaksud adalah …
A.  pengenalan huruf
B.  menganalisa kata
C.  pengenalan kata
D.  pemahaman kata
Jawab:
B.  Benar, menganalisa kata merupakan bentuk tes yang mengukur kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengucapkan kata-kata yang tidak mempunyai arti dengan menerapkan bunyi huruf dan menganalisis struktur bunyi huruf
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 3. Intervensi Anak Berkesulitan Belajar

46. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam mengidentifikasi ABK, seperti teknik observasi, wawancara, dan tes sederhana. Bagi guru ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi ABK asal guru tersebut memiliki kemampuan …
A.  menguasai materi pelajaran dengan baik
B.  telah lulus sertifikasi mengajar
C.  mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak
D.  menguasai berbagai teknik dan metode mengajar
Jawab:
C.  Benar, dengan mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak, guru akan mampu mengidentifikasi ABK
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 9 KB 1. Definisi, Penyebab, dan Jenis-Jenis Kesulitan Belajar

47. Sekilas dilihat dari wajahnya, Neneng nampak begitu cantik, ia duduk di kelas 4 SD namun hampir semua nilai mata pelajaran yang diperolehnya di bawah rata-rata, padahal orangtuanya sudah memberinya les dengan memanggil guru khusus untuknya, namun tidak ada perubahan sehingga di sekolah ia seringkali menjadi olok-olok temannya. Di samping itu Neneng lambat sekali dalam menerima pelajaran yang diberikan gurunya maupun guru lesnya. Setelah dilakukan tes IQ, ternyata IQ Neneng di bawah rata-rata, maka Neneng dikelompokkan ke dalam ……
A.  tunagrahita ringan
B.  tunanetra ringan
C.  tunarungu ringan
D.  tunadaksa
Jawab:
A.  Benar, kemampuan mental yang berada di bawah normal dengan tolok ukurnya adalah tingkat kecerdasan atau IQ. Anak yang secara signifikan mempunyai IQ di bawah normal dikelompokkan sebagai anak tunagrahita
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 9 KB 1. Definisi, Penyebab,dan jenis-JenisKesulitan Belajar

48. Dalam pembelajaran tematik, Ibud seringkali tidak dapat menemukan hubungan antara satu materi pada satu pelajaran dengan materi dari pelajaran lain, sehingga apabila dia diminta gurunya menyebutkan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Ibud tidak dapat menjelaskannya. Bantuan atau layanan khusus yang pantas diberikan kepada Ibud adalah …
A.  menjelaskan keterkaitan antara mata pelajaran satu dengan lainnya
B.  memberikan contoh-contoh dari semua materi pelajaran
C.  memperkenalkan tematik dan kaitannya dengan beberapa bidang studi yang sesuai
D.  secara berkala selalu memberikan tugas untuk mencari kaitan/tema dari seluruh bidang studi yang dipelajari
Jawab:
C.  Benar, anak terlebih dahulu diperkenalkan dengan konsep tematik serta keterkaitan antara satu tema pada bidang bantuan atau layanan khusus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 9 KB 2. Tindak Lanjut Pelayanan Pendidikan bagi ABK

49. Hasil asesmen yang dilakukan tim tidak akan berarti jika tidak ditindaklanjuti dengan …
A.  penanganan kasus ABK
B.  secara berkala memberikan tugas
C.  pengembangan program
D.  memberikan layanan yang sesuai
Jawab:
C.  Benar, pengembangan program bisa dilaksanakan setelah hasil asesmen ditafsirkan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 9 KB 2 Tindak Lanjut Pelayanan Pendidikan bagi ABK

50. Sebelum pelaksanaan program berbagai hal perlu dipersiapkan, antara lain ….
A.  sarana dan prasarana sekolah
B.  soal-soal tes untuk evaluasi
C.  jadwal pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang ada pada PPI
D.  buku-buku pelajaran (buku paket)
Jawab:
C.  Benar, jadwal pelaksanaan harus disiapkan sesuai dengan rencana pada PPI
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 9 KB 2. Tindak Lanjut Pelayanan Pendidikan bagi ABK

Download Soal UT PGSD PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Dan soal-soal ini tak hanya kami sajikan dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal ini dalam bentuk dokumen (.pdf) yang bisa Anda unduh langsung melalui link berikut.

Soal Ujian UT PGSD PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Disertai Kunci Jawaban, semoga dengan adanya soal tersebut bisa membantu Anda dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini pada teman Anda yang lainnya, dengan cara share ke sosmed Anda. Dan jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, terima kasih.