Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis Disertai Kunci Jawaban
Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis sudah disertai dengan kunci jawaban atau pembahasan soalnya sangat cocok sekali Anda pelajari untuk mendalami materi pada modul sebagai bahan pelajaran sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya.
Sebelumnya kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yaitu Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas yang bisa Anda lihat dan pelajari juga untuk bekal dalam mengikuti UAS nantinya.
Soal Ujian UT PGSD yang kami bagikan ini bersumber dari materi-materi yang terdapat pada modul kuliah dan latihan-latihan mandiri yang telah kami pilih untuk kemudian kami jadikan soal-soal yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban guna memudahkan teman-teman Mahasiswa dalam belajar dan membekali diri untuk menghadapi UAS nantinya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 Lainnya:
Semoga dengan adanya Soal UT ini bisa berguna bagi Anda. Dan Anda bisa memahami setiap soal yang keluar pada saat UAS nantinya.
Perhatikan ilustrasi soal berikut ini!
Anda diumpamakan menjadi seorang guru di SD Negeri Kalirandu 17, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan bertindak sebagai Ketua Pantia “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draft surat undangan untuk salah seorang guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang, Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum. Guru tersebut diminta menjadi narasumber dalam acara “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah” tersebut bagi para guru SD Kalirandu 17. Skenario tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara silakan Anda tentukan sendiri, tetapi dalam undangan tersebut harus mencantumkan kalimat yang menyatakan kontak person yang dapat dihubungi untuk komunikasi selanjutnya. Surat yang Anda susun juga “seakan-akan” melampirkan rancangan jadwal acara pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, Kepala SMAN 5 Pemalang, tempat di mana Drs. Teguh Nugroho, M.Hum., juga harus diberi tahu. Penandatangan surat hanya oleh Kepala Sekolah, yakni Mustarida, S.Pd., NIP 19610312 199103 2 001.
Pembahasan:
Buatlah draft surat undangan tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat undangan yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.
Pembahasan:
Skor maksimal 26
Nomor : 34/U/D.34/X/2011 12 Maret 2012
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan menjadi Narasumber
(surat dibubuhi nomor, lampiran, dan hal, serta tanggal, skor 3, tidak lengkap 1, tidak ada 0)
Yth. Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum.
Guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang
di tempat
Dalam rangka melatih kemampuan menulis para guru SDN Kalirandu 17, kami bermaksud menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Bapak untuk menjadi instruktur dalam pelatihan tersebut. Menurut rencana, acara pelatihan akan diselenggarakan pada:
Hari, tanggal : Sabtu, 3 Mei 2012
Waktu : Pukul 08.30 WIB sampai selesai
Tempat : SDN Kalirandu 17
Sebagai gambaran, kami sertakan pula jadwal rinci acara tersebut. Kami sangat berharap Bapak bersedia menerima permohonan kami. Untuk informasi kepastian staf kami, Wisnu Kencana HP 08133344455 akan menghubungi Bapak.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan. Atas perhatian dan kesediaan Bapak, kami sampaikan terima kasih.
(isi surat jelas: ada 4 unsur, yakni kejelasan isi, kelengkapan informasi,informasi tentang kontak person maksud pembuatan surat keterangan, dan salam penutup, skor 8; jika kurang lengkap skor 5, skor dikurangi 2 untuk setiap unsurnya)---8
Kepala Sekolah,
Mustarida, S.Pd.
NIP 196103121991032 001
(penanda tangan surat: nama-1, NIP-1, dan tanda tangan-1; serta tanggal pembuatan surat ditulis tanpa nama tempat-3, jumlah skor 6; jika kurang lengkap, skor
dikurangi masing-masing 0,5)---6
Tembusan:
1. Kepala SMAN 5 Pemalang
2. Kepala UPTD Kecamatan Petarukan
3. Yang bersangkutan
(tembusan ditulis lengkap, meskipun ada kesalahan urutan, skor 3; jika tidak ada, skor 0; jika hanya 1, skor 1)---4
(inisial surat ada, skor 1; jika tidak ada skor 0)---1
4. Soal Keempat
Perhatikan perintah soal berikut ini!
Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Topik/tema yang harus Anda kembangkan adalah Bumi Insani: Hunian Ekslusif di Tempat Strategis, atau Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati, atau Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit dan Bertenaga (pilih salah satu).
2) Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topik/tema yang dipilih.
3) Tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis persuasif.
4) Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.
Pembahasan:
Skor maksimal 24
Penilaian: mencakup 3 hal, yakni substansi narasi, persyaratan minimal 300 kata, dan ejaan/tanda baca.
a. Substansi Persuasif (skor 10)
Secara substantif karangan persuasif merupakan corak karangan yang bermaksud memengaruhi pembaca sehingga tertarik untuk mengikuti anjuran/paparan penulis melalui tulisan yang disusun.
Pola persuasif secara sederhana berbentuk susunan dengan urutan awal – tengah – akhir.
1) Apabila tulisan mahasiswa mampu memenuhi persyaratan narasi tersebut, skor 8.
2) Apabila tulisan mahasiswa kurang memenuhi pesryaratan narasi, skor 5
3) Apabila tulisan mahasiswa tidak memenuhi persyaratan narasi skor 2.
4) Apabila mahasiswa tidak menulis, skor 0
b. Minimal 300 kata (skor 8)
Penghitungan kata dalam tulisan dihitung atas dasar mengambil sampel jumlah kata per satu baris dari kiri ke kanan, kemudian dikalikan dengan jumlah baris ke bawah.
1) Apabila jumlah kata yang ditulis 300 kata atau lebih skor 8 2
2) Apabila jumlah kata kuranfg dari 300 kata, skor 4
3) Apabila tidak menulis, skor 0
c. Ejaan/tanda baca/tulisan (skor 6)
Ejaan/tanda baca benar dan tulisan jelas serta mudah dibaca, skor 6.
Ejaan/tanda baca benar tetapi tulisan tidak mudah dibaca skor 3
Ejaan/tanda baca tidak benar dan tulisan tidak mudah dibaca, skor 1
Sebelumnya kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yaitu Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas yang bisa Anda lihat dan pelajari juga untuk bekal dalam mengikuti UAS nantinya.
Soal Ujian UT PGSD yang kami bagikan ini bersumber dari materi-materi yang terdapat pada modul kuliah dan latihan-latihan mandiri yang telah kami pilih untuk kemudian kami jadikan soal-soal yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban guna memudahkan teman-teman Mahasiswa dalam belajar dan membekali diri untuk menghadapi UAS nantinya.
Perhatian: Soal Ujian UT PGSD Semester 7 ini menggunakan kurikulum terbaru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Untuk Anda Mahasiswa lama X (Sepuluh) semester, jika soal yang Anda cari tidak ada pada semester ini, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk mencari soal yang Anda butuhkan. Soal dan materi masih tetap sama, jadi silahkan dipelajari ya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 Lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4104 Perspektif Pendidikan SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4204 Pendidikan Bahasa Indonesia di SD
- Contoh Laporan UT PGSD Praktikum IPA di SD PDGK4107
Semoga dengan adanya Soal UT ini bisa berguna bagi Anda. Dan Anda bisa memahami setiap soal yang keluar pada saat UAS nantinya.
Kunci Jawaban PAI Halaman 27 28 Kelas 5 Pelajaran 3Kunci Jawaban PAI Halaman 35 36 Kelas 5 Pelajaran 4 Kunci Jawaban PAI Halaman 47 48 Kelas 5 Pelajaran 5 Kunci Jawaban PAI Halaman 56 57 Kelas 5 Pelajaran 6 Kunci Jawaban PAI Halaman 66 67 Kelas 5 Pelajaran 7 Kunci Jawaban PAI Halaman 73 74 Kelas 5 Pelajaran 8 Kunci Jawaban PAI Halaman 79 80 Kelas 5 Pelajaran 9 Kunci Jawaban PAI Halaman 88 89 Kelas 5 Pelajaran 10
3. Soal KetigaPerhatikan ilustrasi soal berikut ini!
Anda diumpamakan menjadi seorang guru di SD Negeri Kalirandu 17, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan bertindak sebagai Ketua Pantia “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draft surat undangan untuk salah seorang guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang, Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum. Guru tersebut diminta menjadi narasumber dalam acara “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah” tersebut bagi para guru SD Kalirandu 17. Skenario tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara silakan Anda tentukan sendiri, tetapi dalam undangan tersebut harus mencantumkan kalimat yang menyatakan kontak person yang dapat dihubungi untuk komunikasi selanjutnya. Surat yang Anda susun juga “seakan-akan” melampirkan rancangan jadwal acara pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, Kepala SMAN 5 Pemalang, tempat di mana Drs. Teguh Nugroho, M.Hum., juga harus diberi tahu. Penandatangan surat hanya oleh Kepala Sekolah, yakni Mustarida, S.Pd., NIP 19610312 199103 2 001.
Pembahasan:
Buatlah draft surat undangan tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat undangan yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.
Pembahasan:
Skor maksimal 26
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEMALANG
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI KALIRANDU 17
Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah
(kepala surat lengkap, skor 4; kurang lengkap, skor 2; tidak berkop surat, skor 0)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nomor : 34/U/D.34/X/2011 12 Maret 2012
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan menjadi Narasumber
(surat dibubuhi nomor, lampiran, dan hal, serta tanggal, skor 3, tidak lengkap 1, tidak ada 0)
Yth. Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum.
Guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang
di tempat
Dalam rangka melatih kemampuan menulis para guru SDN Kalirandu 17, kami bermaksud menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Bapak untuk menjadi instruktur dalam pelatihan tersebut. Menurut rencana, acara pelatihan akan diselenggarakan pada:
Hari, tanggal : Sabtu, 3 Mei 2012
Waktu : Pukul 08.30 WIB sampai selesai
Tempat : SDN Kalirandu 17
Sebagai gambaran, kami sertakan pula jadwal rinci acara tersebut. Kami sangat berharap Bapak bersedia menerima permohonan kami. Untuk informasi kepastian staf kami, Wisnu Kencana HP 08133344455 akan menghubungi Bapak.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan. Atas perhatian dan kesediaan Bapak, kami sampaikan terima kasih.
(isi surat jelas: ada 4 unsur, yakni kejelasan isi, kelengkapan informasi,informasi tentang kontak person maksud pembuatan surat keterangan, dan salam penutup, skor 8; jika kurang lengkap skor 5, skor dikurangi 2 untuk setiap unsurnya)---8
Kepala Sekolah,
Mustarida, S.Pd.
NIP 196103121991032 001
(penanda tangan surat: nama-1, NIP-1, dan tanda tangan-1; serta tanggal pembuatan surat ditulis tanpa nama tempat-3, jumlah skor 6; jika kurang lengkap, skor
dikurangi masing-masing 0,5)---6
Tembusan:
1. Kepala SMAN 5 Pemalang
2. Kepala UPTD Kecamatan Petarukan
3. Yang bersangkutan
(tembusan ditulis lengkap, meskipun ada kesalahan urutan, skor 3; jika tidak ada, skor 0; jika hanya 1, skor 1)---4
(inisial surat ada, skor 1; jika tidak ada skor 0)---1
4. Soal Keempat
Perhatikan perintah soal berikut ini!
Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Topik/tema yang harus Anda kembangkan adalah Bumi Insani: Hunian Ekslusif di Tempat Strategis, atau Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati, atau Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit dan Bertenaga (pilih salah satu).
2) Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topik/tema yang dipilih.
3) Tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis persuasif.
4) Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.
Pembahasan:
Skor maksimal 24
Penilaian: mencakup 3 hal, yakni substansi narasi, persyaratan minimal 300 kata, dan ejaan/tanda baca.
a. Substansi Persuasif (skor 10)
Secara substantif karangan persuasif merupakan corak karangan yang bermaksud memengaruhi pembaca sehingga tertarik untuk mengikuti anjuran/paparan penulis melalui tulisan yang disusun.
Pola persuasif secara sederhana berbentuk susunan dengan urutan awal – tengah – akhir.
1) Apabila tulisan mahasiswa mampu memenuhi persyaratan narasi tersebut, skor 8.
2) Apabila tulisan mahasiswa kurang memenuhi pesryaratan narasi, skor 5
3) Apabila tulisan mahasiswa tidak memenuhi persyaratan narasi skor 2.
4) Apabila mahasiswa tidak menulis, skor 0
b. Minimal 300 kata (skor 8)
Penghitungan kata dalam tulisan dihitung atas dasar mengambil sampel jumlah kata per satu baris dari kiri ke kanan, kemudian dikalikan dengan jumlah baris ke bawah.
1) Apabila jumlah kata yang ditulis 300 kata atau lebih skor 8 2
2) Apabila jumlah kata kuranfg dari 300 kata, skor 4
3) Apabila tidak menulis, skor 0
c. Ejaan/tanda baca/tulisan (skor 6)
Ejaan/tanda baca benar dan tulisan jelas serta mudah dibaca, skor 6.
Ejaan/tanda baca benar tetapi tulisan tidak mudah dibaca skor 3
Ejaan/tanda baca tidak benar dan tulisan tidak mudah dibaca, skor 1
Download Soal UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis
Soal inipun sudah tersedia dalam bentuk file dokumen (pdf) yang bisa Anda unduh langsung melalui link berikut ini. Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis Disertai Kunci Jawaban, semoga apa yang kami bagikan ini bisa berguna dan membantu Anda dalam mendalami materi. Ayo berbagi soal ini pada teman Anda yang lainnya dengan cara share postingan ini ke sosial media kamu. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalasnya, terima kasih.