Soal Ujian UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran Disertai Kunci Jawaban
Soal Ujian UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran yang sudah disertai dengan kunci jawabannya kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan di semester 4.
Sebelumnya kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 4 yaitu Soal Ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKn di SD yang juga dapat Anda pelajari sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya guna mendalami materi.
Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi pada madul dan latihan-latihan soal yang ada. Yang telah kami pilih dan rangkum untuk kemudian dijadikan soal-soal latihan kembali yang sudah disertai dengan kunci jawaban dan pemabahasannya.
Lihat juga : Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 11
Soal UT PGSD ini sangat berguna sekali bagi teman-teman Mahasiswa UT yang akan menghadapi UAS nantinya. Dengan adanya soal-soal seperti ini Anda akan lebih berhemat waktu belajar dan bisa mencangkup keseluruhan mata kuliah.
Soal Ujian UT PGSD Semester 4 Lainnya:
Tak jarang soal-soal ini akan keluar sama persis pada saat Ujian Akhir Semester nantinya, hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya. Mereka sangat terbantu dengan adanya soal-soal ini.
A. Materi pelajaran
B. Metode pembelajaran
C. Media pembelajaran
D. Alat komunikasi dalam pembelajaran
Jawab:
C. Benar
2. "Menjelaskan tentang proses tumbuhnya bibit tomat sampai berbuah", antara lain Anda jelaskan dengan memperlihatkannya melalui program video. Proses seperti ini menjadikan penjelasan Anda kepada siswa menjadi lebih ....
A. Singkat
B. Panjang
C. Memakan waktu
D. Lama
Jawab:
A. Benar
3. Siswa usia SD berada dalam tahapan "konkret operasional". Untuk itu, cara pembelajaran yang tepat adalah dengan menciptakan pengalaman belajar yang ....
A. Menyenangkan
B. Banyak
C. Mengaktifkan
D. Nyata
Jawab:
D. Benar
4. Media pembelajaran digunakan secara luas dalam pendidikan pada awal abad 20 dilakukan oleh ....
A. Departemen pendidikan
B. Sekolah umum
C. Pihak tentara
D. Masyarakat sipil
Jawab:
C. Benar
5. Pada periode Tahun 1960-an, penggunaan media di banyak perguruan tinggi sekolah di Amerika mulai dilakukan dengan ....
A. Memproduksinya secara masal
B. Membuat pedoman untuk instruktur
C. Memasukkannya sebagai bagian dari kurikulum
D. Mendistribusikan proyektor ke sekolah-sekolah
Jawab:
C. Benar
6. Media yang digunakan guru dalam rangka melatih kepekaan anak agar bertanggung jawab terhadap alam adalah ....
A. Audio pembelajaran
B. Audio visual
C. Lingkungan sekitar
D. Media cetak
Jawab:
C. Benar
7. Komponen pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih suatu media pembelajaran adalah ....
A. Metode
B. Siswa
C. Materi
D. Kompetensi
Jawab:
D. Benar
8. Guru melakukan tes awal kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan awal yang sudah dimiliki siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Kegiatan ini dilakukan untuk menentukan ....
A. Metode pembelajaran
B. Materi pembelajaran
C. Kompetensi pembelajaran
D. Media pembelajaran
Jawab:
C. Benar
9. Untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang sudah Anda gunakan membantu proses belajar siswa, Anda harus melakukan ....
A. Pengembangan media pembelajaran baru
B. Evaluasi proses dan hasil belajar
C. Uji terhadap media
D. Evaluasi terhadap cara mengajar
Jawab:
B. Benar
10. Faktor yang pertama kali harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran adalah faktor ....
A. Metode pembelajaran
B. Kompetenti pembelajaran
C. Materi pembelajaran
D. Karakteristik materi
Jawab:
B. Benar
11. Setelah Anda memilih media pembelajaran berdasarkan kompetensi, faktor utama lain yang terkait erat dengan proses belajar siswa di kelas adalah ....
A. Metode pembelajaran
B. Materi pembelajaran
C. Karakteristik siswa
D. Gaya belajar siswa
Jawab:
A. Benar
12. "Di akhir proses pembelajaran, Ibu Asti bertanya kepada siswanya tentang manfaat penggunaan media audio yang dipakainya untuk mengajarkan lagu-lagu Nusantara kepada siswanya". Langkah-langkah yang dilakukan Bu Asti merupakan kegiatan ....
A. Pemilihan media pembelajaran
B. Penentuan materi belajar
C. Penetapan metode pembelajaran
D. Penilaian pembelajaran
Jawab:
D. Benar
13. Dukungan yang diperlukan guru dalam memanfaatkan media didapatkan dari ....
A. Siswa
B. Guru
C. Kepala sekolah
D. Semua benar
Jawab:
D. Benar
14. "SD Tunas Mekar membeli komputer Pentium 3 agar guru-guru memanfaatkan program pembelajaran berbantuan komputer. Untuk itu guru-guru dilatih cara memanfaatkan program tersebut". Melatih guru agar terampil menggunakan media komputer berkaitan dengan aspek ....
A. Biaya
B. Organisasi
C. Akses
D. Interaktivitas dan kemudahan penggunaan media
Jawab:
D. Benar
15. Kemungkinan adanya perubahan secara cepat isi program media berkaitan dengan aspek ....
A. Biaya
B. Kebaruan
C. Kecepatan
D. Karakteristik media
Jawab:
C. Benar
16. Memajang media display hasil karya siswa merupakan salah satu cara untuk menimbulkan kebanggaan bagi siswa. Hal ini merupakan wujud dari fungsi ....
A. Menanamkan kebiasaan tertentu
B. Dekorasi
C. Pembelajaran sesuai konteks
D. Memotivasi siswa
Jawab:
D. Benar
17. Ketika sedang menulis di papan tulis, guru TIDAK dianjurkan untuk ....
A. Memperhatikan siswa
B. Memusatkan perhatian siswa
C. Berbicara kepada siswa
D. Mengaktifkan siswa
Jawab:
C. Benar
18. Pemanfaatan diagram dengan simbol-simbol tertentu, paling tepat diberikan untuk siswa SD kelas ....
A. Satu
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
Jawab:
D. Benar
19. Diagram dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar mandiri dengan bantuan guru dalam bentuk ....
A. Ceramah sebelum pemberian tugas
B. Bimbingan pada saat siswa mempelajari diagram
C. Bimbingan setelah tugas dikumpulkan
D. Panduan tertulis cara membaca diagram
Jawab:
D. Benar
20. Realita dalam pendidikan diartikan sebagai ....
A. Benda atau peristiwa sesungguhnya
B. Benda yang asli yang telah disimpan dalam bentuk foto
C. Peristiwa sesungguhnya yang telah direkam
D. Benda asli yang dibuat tiruannya
Jawab:
A. Benar
21. Agar realita dapat dimanfaatkan secara maksimal, guru harus merancang ....
A. Metode pembelajaran yang sesuai
B. Media pembelajaran yang menunjang
C. Materi dalam bentuk bahan cetak
D. Ruangan yang akan digunakan
Jawab:
A. Benar
22. Evaluasi sumatif terhadap dampak pemanfaatan media display dan realia dalam pembelajaran terkait sangat erat dengan evaluasi ....
A. Formatif dalam pemanfaatan media
B. Proses dalam pengembangan media pembelajaran
C. Fasilitas pembelajaran
D. Hasil belajar siswa
23. Program audio sangat tepat bila digunakan untuk membantu proses belajar siswa terutama untuk kompetensi yang berkaitan dengan unsur ....
A. Penglihatan
B. Gerak
C. Pengetahuan
D. Suara
Jawab:
D. Benar
24. "Pak Indra menggunakan program kaset audio untuk melatih siswa mengenal jenis-jenis suara manusia". Pemanfaatan program audio dalam contoh diatas termasuk dalam jenis pemanfaatan audio ....
A. Mendengar dan melakukan
B. Mendengar dan melihat
C. Mendengar, melihat, dan melakukan
D. Hanya mendengar
Jawab:
D. Benar
25. Memberikan kegiatan lanjutan kepada siswa setelah mendengarkan program audio, merupakan wujud pemberian ....
A. Materi pelajaran
B. Lingkungan belajar
C. Pengalaman belajar
D. Penilaian hasil belajar
Jawab:
C. Benar
26. Salah satu kekuatan utama media Radio adalah ....
A. Kemudahan menyiapkan program yang bersifat dua arah
B. Keluwesan pendengar untuk memilih waktu program
C. Jangkauan yang luas terhadap sasaran pendengar
D. Kemampuan menampilkan acara secara langsung
Jawab:
C. Benar
27. Rancangan yang menarik diperlukan dalam program radio karena ....
A. Dapat didengar secara berulang-ulang
B. Program radio mudah menciptakan interaksi dengan pendengar
C. Pendengar yang berlatar belakang berbeda-beda
D. Pendengar cepat merasa bosan bila hanya mendengar suara
Jawab:
D. Benar
28. Program yang disiarkan di Radio harus didengarkan pada waktu yang sama merupakan dari media radio ....
A. Potensi
B. Kelemahan
C. Kekuatan
D. Pemanfaatan
Jawab:
B. Benar
30. Program video propaganda bertujuan untuk ....
A. Membujuk pemirsa
B. Memberi informasi
C. Menghibur
D. Membelajarkan
Jawab:
A. Benar
31. Contoh program video yang bertujuan membelajarkan keterampilan, yaitu ....
A. Animasi konsep
B. Teknik gerak olahraga
C. Pendidikan karakter
D. Penanaman konsep demokasi
Jawab:
B. Benar
32. Program video yang berisi teknis latihan dalam melakukan sebuah loncatan atletik tergolong bertujuan ....
A. Pembelajaran
B. Penyebaran informasi
C. Propaganda
D. Hiburan
Jawab:
A. Benar
33. Contoh program video yang terkait dengan aspek efektif, yaitu ....
A. Keistimewaan sosial
B. Metamorfosis kupu-kupu
C. Kehidupan harimau di habitat aslinya
D. Teknik start atletik
Jawab:
A. Benar
34. Program video yang memperlihatkan tayangan tentang prosedur atau proses dalam melakukan suatu jenis pekerjaan disebut ....
A. Drama
B. Demontrasi
C. Musikal
D. Demo
Jawab:
B. Benar
35. Deskripsi yang tidak termasuk di dalam naskah video, yaitu ....
A. Alur cerita
B. Karakter tokoh
C. Dramatisasi
D. Durasi program
Jawab:
D. Benar
36. Pembelajaran dapat efektif jika anak dapat belajar melalui bekerja, bermain dan hidup bersama dengan lingkungannya. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Thorndike
B. Watson
C. Greeberg
D. Skinner
Jawab:
C. Benar
37. Pola bermain sambil belajar yang diciptakan oleh guru setidaknya mengandung unsur berikut, kecuali ....
A. Tujuan bermain sambil belajar
B. Menyenangkan dan dinikmati
C. Menggunakan alat ataupun tidak
D. Dilakukan secara pasif dan sadar
Jawab:
D. Benar
38. Salah satu prinsip dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah adalah belajar dengan ....
A. Memanfaatkan sumber belajar sekolah
B. Mengasah kebiasaan bertindak kritis dan kreatif
C. Menyenangkan
D. Melalui sarana yang tersedia
Jawab:
C. Benar
39. Pada hakikatnya permainan merupakan satu hal yang penting bagi perkembangan ....
A. Intelegensi dan fisik motorik anak
B. Kognitif dan emosi anak
C. Sosial dan fisik anak
D. Cara berfikir dan bertindak anak
Jawab:
A. Benar
40. Salah satu faktor penting sebelum sekolah merencanakan dan merancang program bermain di sekolah, adalah ....
A. Aktivitas
B. Pola bermain
C. Tanggung jawab sekolah
D. Lingkungan
Jawab:
D. Benar
41. Pendidikan IPA tingkat Sekolah Dasar saat ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk mempelajari ....
A. Pengalaman langsung yang dilakukan anak didik
B. Kompetensi anak didik dalam pendidikan IPA
C. Diri sendiri dan alam sekitar, serta kemungkinan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari
D. Lingkungan alam sekitar dan masyarakat
Jawab:
C. Benar
42. Agar presentasi yang Anda sajikan berhasil yang tidak boleh Anda lakukan adalah ....
A. Menentukan sasaran yang ingin Anda capai
B. Memecah keseluruhan sasaran Anda menjadi sebuah daftar sasaran yang dapat dicapai
C. Memakai warna yang cerah agar menarik
D. Menentukan pendekatan yang akan Anda ambil agar sasaran-sasaran Anda diterima oleh audiens
Jawab:
C. Benar
43. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain tampilan, kecuali ....
A. Kesederhanaan
B. Keutuhan
C. Ketegasan
D. Keindahan
Jawab:
D. Benar
44. Bagian dari Microsoft word yang berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, adalah ....
A. baris toolbar
B. task pane
C. Outline
D. Navigator
Jawab:
A. Benar
45. Dalam tahap Perancangan ada beberapa hal yang harus dilakukan, kecuali ....
A. Melakukan analisis instruksional
B. Pengembangan GBP-CAI
C. Pembuatan grafik
D. Penyusunan frame
Jawab:
C. Benar
46. Yang bukan merupakan bentuk-bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer adalah ....
A. Permainan
B. Simulasi
C. Contoh pengalaman
D. Praktik dan latihan
Jawab:
C. Benar
47. Dokumen web disimpan dengan menggunakan bahasa program yang disebut ....
A. Internet service provider
B. Mosaic
C. File transfer protokol
D. Hyper text markup language
Jawab:
D. Benar
48. Untuk menelusuri isi suatu website, harus diketahui dahulu alamat website dan sudah tersambung dengan jaringan internet serta mengetikan alamat website tersebut di ....
A. Start
B. My document
C. My computer
D. System (C:)
Jawab:
A. Benar
49. Untuk menyertakan gambar atau tabel atau grafik dalam pesan elektronik harus digunakan fasilitas ....
A. Uuencode
B. Outlook express
C. Mailing list
D. Attachment
Jawab:
D. Benar
50. Apabila Anda ingin mengirimkan bahan PowerPoint melalui e-mail maka Anda harus menggunakan fasilitas ....
A. Compose
B. File document
C. Mailbox
D. Attachments
Jawab:
D. Benar
Sebelumnya kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGSD Semester 4 yaitu Soal Ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKn di SD yang juga dapat Anda pelajari sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya guna mendalami materi.
Soal UT yang kami bagikan ini bersumber dari materi pada madul dan latihan-latihan soal yang ada. Yang telah kami pilih dan rangkum untuk kemudian dijadikan soal-soal latihan kembali yang sudah disertai dengan kunci jawaban dan pemabahasannya.
Lihat juga : Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 11
Soal UT PGSD ini sangat berguna sekali bagi teman-teman Mahasiswa UT yang akan menghadapi UAS nantinya. Dengan adanya soal-soal seperti ini Anda akan lebih berhemat waktu belajar dan bisa mencangkup keseluruhan mata kuliah.
Perhatian: Perlu Anda ketahui bahwa di semester 4 ini kami menggunakan acuan kurikulum untuk masa registrasi baru yang hanya ditempuh IX (Sembilan) semester saja. Dan kemungkinan mata kuliah berbeda dengan mahasiswa lama yang masih menggunakan kurikulum dengan X (Sepuluh) semester. Untuk itu silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD untuk melihat soal-soal yang Anda cari. Mata kuliah dan soal masih sama, jadi silahkan pilih dan pelajari.
Soal Ujian UT PGSD Semester 4 Lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKn di SD
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4012 Manajemen Berbasis Sekolah
Tak jarang soal-soal ini akan keluar sama persis pada saat Ujian Akhir Semester nantinya, hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya. Mereka sangat terbantu dengan adanya soal-soal ini.
Soal Ujian UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran
Soal Ujian UT PGSD ini sangat mudah sekali Anda pelajari, bisa dipelajari dimanapun dan kapanpun, asalkan Anda terkoneksi dengan internet. Dan disini juga kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban dan soal kami posting semua butir soalnya.Soal UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran
1. Anda menggunakan mobil-mobilan yang Anda nyalakan dengan baterai untuk menjelaskan tentang sumber energi. Mobil-mobilan dan baterai dalam hal ini berfungsi sebagai ....A. Materi pelajaran
B. Metode pembelajaran
C. Media pembelajaran
D. Alat komunikasi dalam pembelajaran
Jawab:
C. Benar
2. "Menjelaskan tentang proses tumbuhnya bibit tomat sampai berbuah", antara lain Anda jelaskan dengan memperlihatkannya melalui program video. Proses seperti ini menjadikan penjelasan Anda kepada siswa menjadi lebih ....
A. Singkat
B. Panjang
C. Memakan waktu
D. Lama
Jawab:
A. Benar
3. Siswa usia SD berada dalam tahapan "konkret operasional". Untuk itu, cara pembelajaran yang tepat adalah dengan menciptakan pengalaman belajar yang ....
A. Menyenangkan
B. Banyak
C. Mengaktifkan
D. Nyata
Jawab:
D. Benar
4. Media pembelajaran digunakan secara luas dalam pendidikan pada awal abad 20 dilakukan oleh ....
A. Departemen pendidikan
B. Sekolah umum
C. Pihak tentara
D. Masyarakat sipil
Jawab:
C. Benar
5. Pada periode Tahun 1960-an, penggunaan media di banyak perguruan tinggi sekolah di Amerika mulai dilakukan dengan ....
A. Memproduksinya secara masal
B. Membuat pedoman untuk instruktur
C. Memasukkannya sebagai bagian dari kurikulum
D. Mendistribusikan proyektor ke sekolah-sekolah
Jawab:
C. Benar
6. Media yang digunakan guru dalam rangka melatih kepekaan anak agar bertanggung jawab terhadap alam adalah ....
A. Audio pembelajaran
B. Audio visual
C. Lingkungan sekitar
D. Media cetak
Jawab:
C. Benar
7. Komponen pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih suatu media pembelajaran adalah ....
A. Metode
B. Siswa
C. Materi
D. Kompetensi
Jawab:
D. Benar
8. Guru melakukan tes awal kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan awal yang sudah dimiliki siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Kegiatan ini dilakukan untuk menentukan ....
A. Metode pembelajaran
B. Materi pembelajaran
C. Kompetensi pembelajaran
D. Media pembelajaran
Jawab:
C. Benar
9. Untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang sudah Anda gunakan membantu proses belajar siswa, Anda harus melakukan ....
A. Pengembangan media pembelajaran baru
B. Evaluasi proses dan hasil belajar
C. Uji terhadap media
D. Evaluasi terhadap cara mengajar
Jawab:
B. Benar
10. Faktor yang pertama kali harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran adalah faktor ....
A. Metode pembelajaran
B. Kompetenti pembelajaran
C. Materi pembelajaran
D. Karakteristik materi
Jawab:
B. Benar
Lihat Juga:
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 68-70 Pelajaran 3
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 89-91 Pelajaran 4
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 114-117 Pelajaran 5
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 119-122 Penilaian Akhir Semester 1
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 137-140 Pelajaran 6
- Kunci Jawaban PJOK Kelas 4 Halaman 155-157 Pelajaran 7
A. Metode pembelajaran
B. Materi pembelajaran
C. Karakteristik siswa
D. Gaya belajar siswa
Jawab:
A. Benar
12. "Di akhir proses pembelajaran, Ibu Asti bertanya kepada siswanya tentang manfaat penggunaan media audio yang dipakainya untuk mengajarkan lagu-lagu Nusantara kepada siswanya". Langkah-langkah yang dilakukan Bu Asti merupakan kegiatan ....
A. Pemilihan media pembelajaran
B. Penentuan materi belajar
C. Penetapan metode pembelajaran
D. Penilaian pembelajaran
Jawab:
D. Benar
13. Dukungan yang diperlukan guru dalam memanfaatkan media didapatkan dari ....
A. Siswa
B. Guru
C. Kepala sekolah
D. Semua benar
Jawab:
D. Benar
14. "SD Tunas Mekar membeli komputer Pentium 3 agar guru-guru memanfaatkan program pembelajaran berbantuan komputer. Untuk itu guru-guru dilatih cara memanfaatkan program tersebut". Melatih guru agar terampil menggunakan media komputer berkaitan dengan aspek ....
A. Biaya
B. Organisasi
C. Akses
D. Interaktivitas dan kemudahan penggunaan media
Jawab:
D. Benar
15. Kemungkinan adanya perubahan secara cepat isi program media berkaitan dengan aspek ....
A. Biaya
B. Kebaruan
C. Kecepatan
D. Karakteristik media
Jawab:
C. Benar
16. Memajang media display hasil karya siswa merupakan salah satu cara untuk menimbulkan kebanggaan bagi siswa. Hal ini merupakan wujud dari fungsi ....
A. Menanamkan kebiasaan tertentu
B. Dekorasi
C. Pembelajaran sesuai konteks
D. Memotivasi siswa
Jawab:
D. Benar
17. Ketika sedang menulis di papan tulis, guru TIDAK dianjurkan untuk ....
A. Memperhatikan siswa
B. Memusatkan perhatian siswa
C. Berbicara kepada siswa
D. Mengaktifkan siswa
Jawab:
C. Benar
18. Pemanfaatan diagram dengan simbol-simbol tertentu, paling tepat diberikan untuk siswa SD kelas ....
A. Satu
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
Jawab:
D. Benar
19. Diagram dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar mandiri dengan bantuan guru dalam bentuk ....
A. Ceramah sebelum pemberian tugas
B. Bimbingan pada saat siswa mempelajari diagram
C. Bimbingan setelah tugas dikumpulkan
D. Panduan tertulis cara membaca diagram
Jawab:
D. Benar
20. Realita dalam pendidikan diartikan sebagai ....
A. Benda atau peristiwa sesungguhnya
B. Benda yang asli yang telah disimpan dalam bentuk foto
C. Peristiwa sesungguhnya yang telah direkam
D. Benda asli yang dibuat tiruannya
Jawab:
A. Benar
21. Agar realita dapat dimanfaatkan secara maksimal, guru harus merancang ....
A. Metode pembelajaran yang sesuai
B. Media pembelajaran yang menunjang
C. Materi dalam bentuk bahan cetak
D. Ruangan yang akan digunakan
Jawab:
A. Benar
22. Evaluasi sumatif terhadap dampak pemanfaatan media display dan realia dalam pembelajaran terkait sangat erat dengan evaluasi ....
A. Formatif dalam pemanfaatan media
B. Proses dalam pengembangan media pembelajaran
C. Fasilitas pembelajaran
D. Hasil belajar siswa
23. Program audio sangat tepat bila digunakan untuk membantu proses belajar siswa terutama untuk kompetensi yang berkaitan dengan unsur ....
A. Penglihatan
B. Gerak
C. Pengetahuan
D. Suara
Jawab:
D. Benar
24. "Pak Indra menggunakan program kaset audio untuk melatih siswa mengenal jenis-jenis suara manusia". Pemanfaatan program audio dalam contoh diatas termasuk dalam jenis pemanfaatan audio ....
A. Mendengar dan melakukan
B. Mendengar dan melihat
C. Mendengar, melihat, dan melakukan
D. Hanya mendengar
Jawab:
D. Benar
25. Memberikan kegiatan lanjutan kepada siswa setelah mendengarkan program audio, merupakan wujud pemberian ....
A. Materi pelajaran
B. Lingkungan belajar
C. Pengalaman belajar
D. Penilaian hasil belajar
Jawab:
C. Benar
26. Salah satu kekuatan utama media Radio adalah ....
A. Kemudahan menyiapkan program yang bersifat dua arah
B. Keluwesan pendengar untuk memilih waktu program
C. Jangkauan yang luas terhadap sasaran pendengar
D. Kemampuan menampilkan acara secara langsung
Jawab:
C. Benar
27. Rancangan yang menarik diperlukan dalam program radio karena ....
A. Dapat didengar secara berulang-ulang
B. Program radio mudah menciptakan interaksi dengan pendengar
C. Pendengar yang berlatar belakang berbeda-beda
D. Pendengar cepat merasa bosan bila hanya mendengar suara
Jawab:
D. Benar
28. Program yang disiarkan di Radio harus didengarkan pada waktu yang sama merupakan dari media radio ....
A. Potensi
B. Kelemahan
C. Kekuatan
D. Pemanfaatan
Jawab:
B. Benar
30. Program video propaganda bertujuan untuk ....
A. Membujuk pemirsa
B. Memberi informasi
C. Menghibur
D. Membelajarkan
Jawab:
A. Benar
31. Contoh program video yang bertujuan membelajarkan keterampilan, yaitu ....
A. Animasi konsep
B. Teknik gerak olahraga
C. Pendidikan karakter
D. Penanaman konsep demokasi
Jawab:
B. Benar
32. Program video yang berisi teknis latihan dalam melakukan sebuah loncatan atletik tergolong bertujuan ....
A. Pembelajaran
B. Penyebaran informasi
C. Propaganda
D. Hiburan
Jawab:
A. Benar
33. Contoh program video yang terkait dengan aspek efektif, yaitu ....
A. Keistimewaan sosial
B. Metamorfosis kupu-kupu
C. Kehidupan harimau di habitat aslinya
D. Teknik start atletik
Jawab:
A. Benar
34. Program video yang memperlihatkan tayangan tentang prosedur atau proses dalam melakukan suatu jenis pekerjaan disebut ....
A. Drama
B. Demontrasi
C. Musikal
D. Demo
Jawab:
B. Benar
35. Deskripsi yang tidak termasuk di dalam naskah video, yaitu ....
A. Alur cerita
B. Karakter tokoh
C. Dramatisasi
D. Durasi program
Jawab:
D. Benar
36. Pembelajaran dapat efektif jika anak dapat belajar melalui bekerja, bermain dan hidup bersama dengan lingkungannya. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Thorndike
B. Watson
C. Greeberg
D. Skinner
Jawab:
C. Benar
37. Pola bermain sambil belajar yang diciptakan oleh guru setidaknya mengandung unsur berikut, kecuali ....
A. Tujuan bermain sambil belajar
B. Menyenangkan dan dinikmati
C. Menggunakan alat ataupun tidak
D. Dilakukan secara pasif dan sadar
Jawab:
D. Benar
38. Salah satu prinsip dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah adalah belajar dengan ....
A. Memanfaatkan sumber belajar sekolah
B. Mengasah kebiasaan bertindak kritis dan kreatif
C. Menyenangkan
D. Melalui sarana yang tersedia
Jawab:
C. Benar
39. Pada hakikatnya permainan merupakan satu hal yang penting bagi perkembangan ....
A. Intelegensi dan fisik motorik anak
B. Kognitif dan emosi anak
C. Sosial dan fisik anak
D. Cara berfikir dan bertindak anak
Jawab:
A. Benar
40. Salah satu faktor penting sebelum sekolah merencanakan dan merancang program bermain di sekolah, adalah ....
A. Aktivitas
B. Pola bermain
C. Tanggung jawab sekolah
D. Lingkungan
Jawab:
D. Benar
41. Pendidikan IPA tingkat Sekolah Dasar saat ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk mempelajari ....
A. Pengalaman langsung yang dilakukan anak didik
B. Kompetensi anak didik dalam pendidikan IPA
C. Diri sendiri dan alam sekitar, serta kemungkinan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari
D. Lingkungan alam sekitar dan masyarakat
Jawab:
C. Benar
42. Agar presentasi yang Anda sajikan berhasil yang tidak boleh Anda lakukan adalah ....
A. Menentukan sasaran yang ingin Anda capai
B. Memecah keseluruhan sasaran Anda menjadi sebuah daftar sasaran yang dapat dicapai
C. Memakai warna yang cerah agar menarik
D. Menentukan pendekatan yang akan Anda ambil agar sasaran-sasaran Anda diterima oleh audiens
Jawab:
C. Benar
43. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain tampilan, kecuali ....
A. Kesederhanaan
B. Keutuhan
C. Ketegasan
D. Keindahan
Jawab:
D. Benar
44. Bagian dari Microsoft word yang berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, adalah ....
A. baris toolbar
B. task pane
C. Outline
D. Navigator
Jawab:
A. Benar
45. Dalam tahap Perancangan ada beberapa hal yang harus dilakukan, kecuali ....
A. Melakukan analisis instruksional
B. Pengembangan GBP-CAI
C. Pembuatan grafik
D. Penyusunan frame
Jawab:
C. Benar
46. Yang bukan merupakan bentuk-bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer adalah ....
A. Permainan
B. Simulasi
C. Contoh pengalaman
D. Praktik dan latihan
Jawab:
C. Benar
47. Dokumen web disimpan dengan menggunakan bahasa program yang disebut ....
A. Internet service provider
B. Mosaic
C. File transfer protokol
D. Hyper text markup language
Jawab:
D. Benar
48. Untuk menelusuri isi suatu website, harus diketahui dahulu alamat website dan sudah tersambung dengan jaringan internet serta mengetikan alamat website tersebut di ....
A. Start
B. My document
C. My computer
D. System (C:)
Jawab:
A. Benar
49. Untuk menyertakan gambar atau tabel atau grafik dalam pesan elektronik harus digunakan fasilitas ....
A. Uuencode
B. Outlook express
C. Mailing list
D. Attachment
Jawab:
D. Benar
50. Apabila Anda ingin mengirimkan bahan PowerPoint melalui e-mail maka Anda harus menggunakan fasilitas ....
A. Compose
B. File document
C. Mailbox
D. Attachments
Jawab:
D. Benar
Download Soal UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran
Anda juga bisa mendownload soal ini dalam bentuk dokumen (.pdf) yang mana bisa Anda unduh langsung pada link dibawah ini. Soal Ujian UT PGSD IDIK4010 Komputer dan Media Pembelajaran Disertai Kunci Jawaban, jangan lupa untuk berbagi soal-soal ini pada teman-teman Anda lainnya dengan cara klik tombol share di bawah ini. Jika ada yang ingin Anda tanyakan sialhkan sampaikan pada kami melalu halaman Contact, terima kasih.