Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK Disertai Kunci Jawaban
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK dilengkapi dengan kunci jawaban berikut ini bisa Anda jadikan bahan belajar Anda sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya yang tak lama lagi akan di mulai.
Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 yatu Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni yang juga dapat Anda pelajari sebagai persiapan serta untuk mendalami materi pada modul
Mempelajari Soal Ujian UT PGPAUD seperti ini lebih efektif dari pada Anda harus membaca semua materi yang ada pada modul. Dan semua soal-soal yang kami bagikan ini merupakan soal-soal yang telah di pilih dan di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 Lainnya:
Hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya, mereka merasa terbantu dengan adanya soal-soal seperti ini, dan tak jarang mereka bisa mendapatkan nilai terbaik di setiap semesternya.
Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 yatu Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni yang juga dapat Anda pelajari sebagai persiapan serta untuk mendalami materi pada modul
Mempelajari Soal Ujian UT PGPAUD seperti ini lebih efektif dari pada Anda harus membaca semua materi yang ada pada modul. Dan semua soal-soal yang kami bagikan ini merupakan soal-soal yang telah di pilih dan di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.
Perhatian: Soal-soal UT PGPAUD Semester 3 ini menggunakan struktur kurikulum terbaru, jadi jika mata kuliah yang Anda cari tidak ada di semester ini, silahkan Anda cari mata kuliah tersebut di artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD silahkan Anda pilih soal yang Anda butuhkan, materi modul dan soal-soal masih tetap sama, jadi silahkan Anda pelajari.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 Lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4202 Metode Pengembangan Fisik
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK
- Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4004 Teori Belajar dan Pembelajaran
- Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan
Hal ini sudah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa sebelumnya, mereka merasa terbantu dengan adanya soal-soal seperti ini, dan tak jarang mereka bisa mendapatkan nilai terbaik di setiap semesternya.
UAS nanti akan keluar sama persis, tentu dengan mudah Anda bisa menjawabnya bukan. Karena tak sedikit dari teman-teman Mahasiswa yang telah lalu mereka berhasil mendapatkan nilai terbaik mereka pada tiap-tiap semesternya setelah mempelajari soal-soal ini.
A. memimpin anak menjadi orang yang baik dengan jalan mengembangkan semua daya yang dimiliki oleh anak
B. membantu perkembangan anak secara menyeluruh dan bukan sekedar mengajar
C. membantu berkembangnya masa peka anak sesuai dengan fungsinya
D. membentuk anak menjadi manusia bebas
Jawab:
D. Benar
2. Anak lebih cenderung melihat dan memahami sesuatu dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri. Karakteristik anak tersebut menunjukan sifat ....
A. unik
B. kreatif
C. energi
D. egosentris
Jawab:
D. Benar
3. Pertimbangan mengenai pentingnya sumber belaja dalam pembelajaran anak usia dini adalah, kecuali sumber belajar ....
A. dapat meningkatkan anak dalam berbahasa
B. kurang membantu mengenalkan anak pada lingkungan
C. dapat menumbuhkan motivasi belajar anak sehingga perhatian anak meningkat
D. memungkinkan anak untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik
Jawab:
B. Benar
4. Sumber belajar yang sangat memungkinkan anak untu mendapatkan pengetahuan secara langsung mengenai pengalaman seseorang adalah ....
A. buku
B. majalah
C. manusia sumber
D. peralatan
Jawab:
C. Benar
5. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pelajaran, yaitu segala apa yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang, dan pada masa yang akan datang. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Torkleson
B. Nana Sudjana
C. Anna Suhaenah
D. Anggani Sudono
Jawab:
A. Benar
6. Pada awal perkembangannya, pengertian sumber belajar itu diartikan secara sempit, yaitu ....
A. alat pengajaran yang dapat didengar (auditif)
B. alat pengajaran yang dilihat (visual)
C. buku
D. metode
Jawab:
C. Benar
7. Pemanfaatan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran anak usia dini memiliki berbagai manfaat, antara lain ....
A. kegiatan belajar anak menjadi kurang menarik
B. kegiatan belajar anak tidak menyenangkan
C. pengetahuan anak tidak bertambah
D. motivasi belajar anak semakin meningkat
Jawab:
D. Benar
8. Berikut ini contoh sumber-sumber belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali ....
A. buku bacaan
B. majalah untuk anak
C. nara sumber
D. cerita rakyat
Jawab:
D. Benar
9. Buku cerita dan majalah anak sangat menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Sumber belajar tersebut merupakan jenis sumber belajar ....
A. bahan
B. alat
C. teknik
D. Pesan
Jawab:
A. Benar
10. Alat permainan merupakan jenis sumber belajar yang khusus terdapat dalam pendidikan di lembaga PAUD. Diantara alat permainan berikut ini yang merupakan alat permainan di luar ruangan adalah ....
A. pezzle
B. boneka tangan
C. papan titian
D. papan rusak
Jawab:
C. Benar
11. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu ....
A. membuat abstrak konsep-konsep yang nyata
B. membangkitkan motivasi belajar anak
C. menumbuhkan individualisme anak dalam belajar
D. mengontrol kecepatan mengajar guru
Jawab:
B. Benar
12. Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah ....
A. guru memiliki daerah pengalaman lebih luas dari anak
B. daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan
C. pengalaman anak menjadi lebih baik dbandingkan gurunya
D. anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar
Jawab:
B. Benar
13. Media grafis pada dasarnya memiliki karakteristik ....
A. sama dengan media fotografik
B. agar rumit dan kurang menarik perhatian
C. harganya cukup murah dan mudah disimpan
D. selalu memerlukan alat proyeksi untuk menampilkannya
Jawab:
B. Benar
14. Penggunaan sebagai jenis media dalam satu kali pertemuan belajar-mengajar ....
A. sangat baik, agar pembelajaran bervariasi dan menarik
B. tidak baik, sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
C. baik, karena guru akan terbantu tugasnya dalam mengajar
D. kurang baik, sebab membutuhkan biaya yang sangat mahal
Jawab:
C. Benar
15. Media 3 dimensi yang menggambarkan keadaan sebenarnya adalah ....
A. cemuna
B. papan tikar
C. flip chart
D. diorama
Jawab:
D. Benar
16. Bahan tiruan dalam pembuatan lahar ketiga "gunung meletus" adalah ....
A. air dan cuka
B. soda dan cuka
C. lumpur dan air
D. semen dan pasir
Jawab:
B. Benar
17. Pesan yang disajikan untuk anak usia dini dala flip chart biasanya berupa pesan-pesan berikut ini, kecuali ....
A. gambar
B. huruf
C. angka
D. diagram
Jawab:
D. Benar
18. Berikut ini prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran untuk anak TK, kecuali ....
A. media adalah bagian integral dalam pembelajaran
B. penggunaan media hendaknya bervarisi
C. tidak ada satu media tunggal dapat mencapai semua tujuan
D. media dapar menggantikan kedudukan guru
Jawab:
D. Benar
19. Kegiatan pengayaan, yang bertujuan mengarahkan pemahaman yang lebih luas dilakukan dalam tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. evaluasi
D. tindak lanjut
Jawab:
D. Benar
20. Menghindari kejadian-kejadian yang dapat mengganggu perhatian dan ketenangan dilakukan dalam tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. evaluasi
D. tindak lanjut
Jawab:
B. Benar
21. APE dapat mendorong anak usia dini menghasilkan sesuatu berdasarkan imajinasinya, adalah ciri bahwa APE ....
A. multiguna
B. fleksibel
C. konstruktif
D. aman
Jawab:
C. Benar
22. APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini adalah ciri APE yang ....
A. multiguna
B. kreatif
C. konstruktif
D. aman
Jawab:
C. Benar
23. APE yang dirancang untuk melatih daya nalar anak usia dini adalah APE yang ditunjukan untuk mengembangkan aspek ....
A. bahasa
B. kognitif
C. motorik
D. moral
Jawab:
B. Benar
24. Pemanfaatan alat permainan edukatif pada dasarnya dalam rangka ....
A. mempermudah tugas guru dalam kegiatan sehari-hari
B. menciptakan pembelajaran yang bermakna
C. menunjukan bahwa lembaga PAUD itu penting
D. mendukung pemerintah dalam memonitor PAUD
Jawab:
B. Benar
25. Alat permainan apakah yang paling mendukung pengalaman belajar berkualitas untuk apa...
A. guru memanfaatkan papan tulis
B. guru menyiapkan miniatur kebun binatang untuk diobservasi
C. guru mendemontrasikan cara menulis huruf
D. anak-anak diminta mengerjakan tugas pada lembaran kertas
Jawab:
B. Benar
26. Penggunaan alat permainan yang manakah yang memungkinkan anak mengobservasi, menguji dan memanipulasi suatu objek ....
A. membuat roket dari kertas
B. bermain ular tangga
C. memainkan boneka jari
D. mengurutkan kartu bilangan
Jawab:
A. Benar
27. Kantong keterampilan tangan dikembangkan berdasarkan konsep montessori untuk melatih kemandirian dan meningkatkan perkembangan aspek ....
A. bahasa
B. kognitif
C. moral
D. motorik
Jawab:
D. Benar
28. Teka-teki menggunakan keping-keping gambar binantang dengan cara menggambil keping, kemudian dicoba kembali dibentuk dinamakan puzzle ...
A. buah
B. bunga
C. binatang
D. besar
Jawab:
C. Benar
29. Kategori jenis APE untuk anak TK yang ditempatkan di dalam ruangan adalah ....
A. tangga pelangi
B. papan luncur
C. bak pasir
D. balok bangunan
Jawab:
D. Benar
30. APE yang dibuat disesuaikan dengan program kegiatan pembelajaran untuk anak TK adalah syarat ....
A. edukatif
B. estetis
C. teknis
D. kesesuaian
Jawab:
A. Benar
31. Jenis APE yang menggunakan bahan dasar kain, kecuali ....
A. boneka jari
B. kantong keterampilan tangan
C. telepon gelas
D. bola suara
Jawab:
C. Benar
32. APE yang menggunakan bunyi-bunyian di dalamnya adalah ....
A. boneka jari
B. bola suara
C. botol aroma
D. telepon gelas
Jawab:
B. Benar
33. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan bola suara ...
A. menendangnya sekeras-kerasnya supaya bisa menebak isinya
B. menjelaskan alat permainan yang akan digunakan
C. saling melempar bola untuk menebak isi bola suara
Jawab:
A. Benar
34. Kegiatan apakah yang harus dilakukan dalam menggunakan kotak alfabet ....
A. membiarkan anak-anak sehingga mandiri menggunakannya
B. meminta anak untuk memainkannya sesuai selera anak
C. mengajak anak untuk menyusun kata-kata yang panjang
D. membimbing anak menyusun kata sesuai kemampuan anak
Jawab:
D. benar
35. Kegiatan yang sebaiknya dilakukan guru dalam menggunakan loto warna adalah ....
A. membantu penyusunannya sampai akhir sehingga anak senang
B. membolehkan anak menyusunnya sambil memainkan alat yang lain
C. memberikan bantuan secukupnya jika anak mengalami kesulitan
D. memberikan komentar terus menerus pada saat anak menyusun loto
Jawab:
C. Benar
36. Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar menumbuhkan hasil belajar yang lebih bermakna karena disebabkan ....
A. anak dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya
B. proses belajar berorintasi pada penggunaan alat-alat permainan edukatif
C. lebih mengarah pada sesuatu yang alami, nyata, dan nonfaktual
D. guru PAUD lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran
Jawab:
A. Benar
37. Kesadaran akan pentingnya lingkungan dalam kehidupan yang dapat ditanamkan kepda anak usia dini di antaranya ....
A. vandalisme
B. cinta lingkungan
C. menolong korban banjir
D. membersihkan saluran iar/got
Jawab:
B. Benar
38. Lingkungan alam lebih mudah dipelajari oleh anak dibandingkan dengan lingkungan sosial sebab ....
A. selalu cepat mengalami menetap
B. sifatnya relatif menerap
C. mudah sekali dikenal anak
D. dialami dalam kehidupan sehari-hari
Jawab:
B. Benar
39. Guru PAUD diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada anak untuk mempelajari berbagai hal yang terdapat dalam lingkungannya. Peran seperti itu, menempatkan guru PAUD sebagai ....
A. motivator
B. fasilitator
C. konselor
D. mediator
Jawab:
B. Benar
40. Tujuan dan kemampuan yang harus dicapai anak dirumuskan secara spesifik dan operasional dengan alasan untuk ....
A. memudahkan dalam penilaian hasil belajar
B. menggambarkan perilaku anak yang akan diukur
C. memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar lebih spesifik
D. membantu guru mencapai kompetensi yang harus dikuasai anak
Jawab:
A. Benar
41. Mengundang narasumber untuk menjeaskan sesuatu sesuai bidang tugasnya kepada anak PAUD dimaksudkan agar ....
A. lingkungan dapat dibawa ke dalam kelas
B. dapat memberi suasana berbeda dengan yang biasa
C. ana memperoleh informasi langsung dari sumber pertama
D. guru memperoleh informasi tambahan mengenai berbagi hal
Jawab:
C. Benar
42. Apabila guru membawa anak untuk mengunjungi Puskesmas yang jaraknya berdekatan dengan lembaga PAUD, pihak mana saja yang sebaiknya dihubungi dan diminta bantuan untuk kelancaran kegiatan tersebut ...
A. dokter Puskesmas dan orang tua
B. polisi lalu lintas atau tentara
C. ahli penyakit menular
D. pegaai TU lembaga PAUD dan Puskesmas
Jawab:
A. Benar
43. Salah satu alasan atau latar belakang yang paling tepat apabila guru akan mengajak anak melakukan karyawisata ke peternakan sapi yaitu ....
A. membeli susu sapi secara langsung dari peternak sapi
B. meminta peternak sapi menjelaskan cara jual beli sapi
C. melihat secara langsung bagaimana sapi disembelih
D. memberikan pengalaman langsung bagaimana cara memeras susu sapi
Jawab:
D. benar
44. Aspek kemampuan intelektual yang merupakan dampak pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di antaranya ....
A. tumbuhnya rasa ingin tahu anak
B. anak menghormati orang tua dan guru
C. anak dapat menirukan suara ayam berkokok
D. adanya keberanian dan percaya diri dari anak
Jawab:
A. Benar
45. Dengan pengetahuan luas yang dimilikinya, guru dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan anak dengan benar dan jelas. Hal tersebut terutama berakibat pada ....
A. munculnya motivasi guru untuk selalu menambah wawasannya
B. tumbuhnya kepercayaan anak kepada guru tersebut
C. adanya kepercayaan orang tua dan masyarakat terhadap lembaga PAUD
D. perlunya guru menggunakan beraga, pendekatan untuk menyampaikan pengetahuan
Jawab:
B. Benar
46. Hal paling tepat yang harus diperhatikan dalam mengidentifikasikan sumber belajar, antara lain menyesuaikan sumber belajar dengan ....
A. kondisi keuangan yang memadai
B. tuntutan anak pintar
C. kebutuhan siswa
D. kondisi sekolah
Jawab:
C. Benar
47. Untuk memenuhi kebutuhan pengadaan sumber belajar, guru membuat rancangan untuk diproduksi. Usaha pengadaan sumber belajar ini adalh dalam bentuk ....
A. pembuatan
B. hadiah
C. sumbungan
D. hibah
Jawab:
D. Benar
48. Melalui kegiatan bentuk ini pihak TK dapat saling meminjam sumber belajar dengan lembaga lain usaha pengadaan sumber ini adalah dalam bentuk ....
A. kerja sama
B. hadiah
C. pembuatan
D. hibah
Jawab:
A. Benar
49. Nara sumber berikut ini dapat diminta untuk memperkaya wawasan anak TK, kecuali ....
A. polisi
B. dokter
C. pengemis
D. tukang pos
Jawab:
C. Benar
50. Salah satu alasan pentingnya pemeliharaan sumber belajar dengan sebaik-baiknya adalah ....
A. memudahkan guru jika akan meminjam sumber belajar tertentu
B. merancang penempatan sumber belajar secara kaku
C. meningkatkan penggunaan sumber belajar oleh guru
D. agar anak-anak dapat memanfaatkan sumber belajar secara teratur
Jawab:
D. Benar
Soal UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK
1. Tujuan pendidikan anak menurut Rousseau adalah ....A. memimpin anak menjadi orang yang baik dengan jalan mengembangkan semua daya yang dimiliki oleh anak
B. membantu perkembangan anak secara menyeluruh dan bukan sekedar mengajar
C. membantu berkembangnya masa peka anak sesuai dengan fungsinya
D. membentuk anak menjadi manusia bebas
Jawab:
D. Benar
2. Anak lebih cenderung melihat dan memahami sesuatu dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri. Karakteristik anak tersebut menunjukan sifat ....
A. unik
B. kreatif
C. energi
D. egosentris
Jawab:
D. Benar
3. Pertimbangan mengenai pentingnya sumber belaja dalam pembelajaran anak usia dini adalah, kecuali sumber belajar ....
A. dapat meningkatkan anak dalam berbahasa
B. kurang membantu mengenalkan anak pada lingkungan
C. dapat menumbuhkan motivasi belajar anak sehingga perhatian anak meningkat
D. memungkinkan anak untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik
Jawab:
B. Benar
4. Sumber belajar yang sangat memungkinkan anak untu mendapatkan pengetahuan secara langsung mengenai pengalaman seseorang adalah ....
A. buku
B. majalah
C. manusia sumber
D. peralatan
Jawab:
C. Benar
5. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pelajaran, yaitu segala apa yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang, dan pada masa yang akan datang. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Torkleson
B. Nana Sudjana
C. Anna Suhaenah
D. Anggani Sudono
Jawab:
A. Benar
6. Pada awal perkembangannya, pengertian sumber belajar itu diartikan secara sempit, yaitu ....
A. alat pengajaran yang dapat didengar (auditif)
B. alat pengajaran yang dilihat (visual)
C. buku
D. metode
Jawab:
C. Benar
7. Pemanfaatan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran anak usia dini memiliki berbagai manfaat, antara lain ....
A. kegiatan belajar anak menjadi kurang menarik
B. kegiatan belajar anak tidak menyenangkan
C. pengetahuan anak tidak bertambah
D. motivasi belajar anak semakin meningkat
Jawab:
D. Benar
8. Berikut ini contoh sumber-sumber belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali ....
A. buku bacaan
B. majalah untuk anak
C. nara sumber
D. cerita rakyat
Jawab:
D. Benar
9. Buku cerita dan majalah anak sangat menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Sumber belajar tersebut merupakan jenis sumber belajar ....
A. bahan
B. alat
C. teknik
D. Pesan
Jawab:
A. Benar
10. Alat permainan merupakan jenis sumber belajar yang khusus terdapat dalam pendidikan di lembaga PAUD. Diantara alat permainan berikut ini yang merupakan alat permainan di luar ruangan adalah ....
A. pezzle
B. boneka tangan
C. papan titian
D. papan rusak
Jawab:
C. Benar
11. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu ....
A. membuat abstrak konsep-konsep yang nyata
B. membangkitkan motivasi belajar anak
C. menumbuhkan individualisme anak dalam belajar
D. mengontrol kecepatan mengajar guru
Jawab:
B. Benar
12. Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah ....
A. guru memiliki daerah pengalaman lebih luas dari anak
B. daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan
C. pengalaman anak menjadi lebih baik dbandingkan gurunya
D. anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar
Jawab:
B. Benar
13. Media grafis pada dasarnya memiliki karakteristik ....
A. sama dengan media fotografik
B. agar rumit dan kurang menarik perhatian
C. harganya cukup murah dan mudah disimpan
D. selalu memerlukan alat proyeksi untuk menampilkannya
Jawab:
B. Benar
14. Penggunaan sebagai jenis media dalam satu kali pertemuan belajar-mengajar ....
A. sangat baik, agar pembelajaran bervariasi dan menarik
B. tidak baik, sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
C. baik, karena guru akan terbantu tugasnya dalam mengajar
D. kurang baik, sebab membutuhkan biaya yang sangat mahal
Jawab:
C. Benar
15. Media 3 dimensi yang menggambarkan keadaan sebenarnya adalah ....
A. cemuna
B. papan tikar
C. flip chart
D. diorama
Jawab:
D. Benar
16. Bahan tiruan dalam pembuatan lahar ketiga "gunung meletus" adalah ....
A. air dan cuka
B. soda dan cuka
C. lumpur dan air
D. semen dan pasir
Jawab:
B. Benar
17. Pesan yang disajikan untuk anak usia dini dala flip chart biasanya berupa pesan-pesan berikut ini, kecuali ....
A. gambar
B. huruf
C. angka
D. diagram
Jawab:
D. Benar
18. Berikut ini prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran untuk anak TK, kecuali ....
A. media adalah bagian integral dalam pembelajaran
B. penggunaan media hendaknya bervarisi
C. tidak ada satu media tunggal dapat mencapai semua tujuan
D. media dapar menggantikan kedudukan guru
Jawab:
D. Benar
19. Kegiatan pengayaan, yang bertujuan mengarahkan pemahaman yang lebih luas dilakukan dalam tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. evaluasi
D. tindak lanjut
Jawab:
D. Benar
20. Menghindari kejadian-kejadian yang dapat mengganggu perhatian dan ketenangan dilakukan dalam tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. evaluasi
D. tindak lanjut
Jawab:
B. Benar
21. APE dapat mendorong anak usia dini menghasilkan sesuatu berdasarkan imajinasinya, adalah ciri bahwa APE ....
A. multiguna
B. fleksibel
C. konstruktif
D. aman
Jawab:
C. Benar
22. APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini adalah ciri APE yang ....
A. multiguna
B. kreatif
C. konstruktif
D. aman
Jawab:
C. Benar
23. APE yang dirancang untuk melatih daya nalar anak usia dini adalah APE yang ditunjukan untuk mengembangkan aspek ....
A. bahasa
B. kognitif
C. motorik
D. moral
Jawab:
B. Benar
24. Pemanfaatan alat permainan edukatif pada dasarnya dalam rangka ....
A. mempermudah tugas guru dalam kegiatan sehari-hari
B. menciptakan pembelajaran yang bermakna
C. menunjukan bahwa lembaga PAUD itu penting
D. mendukung pemerintah dalam memonitor PAUD
Jawab:
B. Benar
25. Alat permainan apakah yang paling mendukung pengalaman belajar berkualitas untuk apa...
A. guru memanfaatkan papan tulis
B. guru menyiapkan miniatur kebun binatang untuk diobservasi
C. guru mendemontrasikan cara menulis huruf
D. anak-anak diminta mengerjakan tugas pada lembaran kertas
Jawab:
B. Benar
26. Penggunaan alat permainan yang manakah yang memungkinkan anak mengobservasi, menguji dan memanipulasi suatu objek ....
A. membuat roket dari kertas
B. bermain ular tangga
C. memainkan boneka jari
D. mengurutkan kartu bilangan
Jawab:
A. Benar
27. Kantong keterampilan tangan dikembangkan berdasarkan konsep montessori untuk melatih kemandirian dan meningkatkan perkembangan aspek ....
A. bahasa
B. kognitif
C. moral
D. motorik
Jawab:
D. Benar
28. Teka-teki menggunakan keping-keping gambar binantang dengan cara menggambil keping, kemudian dicoba kembali dibentuk dinamakan puzzle ...
A. buah
B. bunga
C. binatang
D. besar
Jawab:
C. Benar
29. Kategori jenis APE untuk anak TK yang ditempatkan di dalam ruangan adalah ....
A. tangga pelangi
B. papan luncur
C. bak pasir
D. balok bangunan
Jawab:
D. Benar
30. APE yang dibuat disesuaikan dengan program kegiatan pembelajaran untuk anak TK adalah syarat ....
A. edukatif
B. estetis
C. teknis
D. kesesuaian
Jawab:
A. Benar
31. Jenis APE yang menggunakan bahan dasar kain, kecuali ....
A. boneka jari
B. kantong keterampilan tangan
C. telepon gelas
D. bola suara
Jawab:
C. Benar
32. APE yang menggunakan bunyi-bunyian di dalamnya adalah ....
A. boneka jari
B. bola suara
C. botol aroma
D. telepon gelas
Jawab:
B. Benar
33. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan bola suara ...
A. menendangnya sekeras-kerasnya supaya bisa menebak isinya
B. menjelaskan alat permainan yang akan digunakan
C. saling melempar bola untuk menebak isi bola suara
Jawab:
A. Benar
34. Kegiatan apakah yang harus dilakukan dalam menggunakan kotak alfabet ....
A. membiarkan anak-anak sehingga mandiri menggunakannya
B. meminta anak untuk memainkannya sesuai selera anak
C. mengajak anak untuk menyusun kata-kata yang panjang
D. membimbing anak menyusun kata sesuai kemampuan anak
Jawab:
D. benar
35. Kegiatan yang sebaiknya dilakukan guru dalam menggunakan loto warna adalah ....
A. membantu penyusunannya sampai akhir sehingga anak senang
B. membolehkan anak menyusunnya sambil memainkan alat yang lain
C. memberikan bantuan secukupnya jika anak mengalami kesulitan
D. memberikan komentar terus menerus pada saat anak menyusun loto
Jawab:
C. Benar
36. Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar menumbuhkan hasil belajar yang lebih bermakna karena disebabkan ....
A. anak dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya
B. proses belajar berorintasi pada penggunaan alat-alat permainan edukatif
C. lebih mengarah pada sesuatu yang alami, nyata, dan nonfaktual
D. guru PAUD lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran
Jawab:
A. Benar
37. Kesadaran akan pentingnya lingkungan dalam kehidupan yang dapat ditanamkan kepda anak usia dini di antaranya ....
A. vandalisme
B. cinta lingkungan
C. menolong korban banjir
D. membersihkan saluran iar/got
Jawab:
B. Benar
38. Lingkungan alam lebih mudah dipelajari oleh anak dibandingkan dengan lingkungan sosial sebab ....
A. selalu cepat mengalami menetap
B. sifatnya relatif menerap
C. mudah sekali dikenal anak
D. dialami dalam kehidupan sehari-hari
Jawab:
B. Benar
39. Guru PAUD diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada anak untuk mempelajari berbagai hal yang terdapat dalam lingkungannya. Peran seperti itu, menempatkan guru PAUD sebagai ....
A. motivator
B. fasilitator
C. konselor
D. mediator
Jawab:
B. Benar
40. Tujuan dan kemampuan yang harus dicapai anak dirumuskan secara spesifik dan operasional dengan alasan untuk ....
A. memudahkan dalam penilaian hasil belajar
B. menggambarkan perilaku anak yang akan diukur
C. memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar lebih spesifik
D. membantu guru mencapai kompetensi yang harus dikuasai anak
Jawab:
A. Benar
41. Mengundang narasumber untuk menjeaskan sesuatu sesuai bidang tugasnya kepada anak PAUD dimaksudkan agar ....
A. lingkungan dapat dibawa ke dalam kelas
B. dapat memberi suasana berbeda dengan yang biasa
C. ana memperoleh informasi langsung dari sumber pertama
D. guru memperoleh informasi tambahan mengenai berbagi hal
Jawab:
C. Benar
42. Apabila guru membawa anak untuk mengunjungi Puskesmas yang jaraknya berdekatan dengan lembaga PAUD, pihak mana saja yang sebaiknya dihubungi dan diminta bantuan untuk kelancaran kegiatan tersebut ...
A. dokter Puskesmas dan orang tua
B. polisi lalu lintas atau tentara
C. ahli penyakit menular
D. pegaai TU lembaga PAUD dan Puskesmas
Jawab:
A. Benar
43. Salah satu alasan atau latar belakang yang paling tepat apabila guru akan mengajak anak melakukan karyawisata ke peternakan sapi yaitu ....
A. membeli susu sapi secara langsung dari peternak sapi
B. meminta peternak sapi menjelaskan cara jual beli sapi
C. melihat secara langsung bagaimana sapi disembelih
D. memberikan pengalaman langsung bagaimana cara memeras susu sapi
Jawab:
D. benar
44. Aspek kemampuan intelektual yang merupakan dampak pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di antaranya ....
A. tumbuhnya rasa ingin tahu anak
B. anak menghormati orang tua dan guru
C. anak dapat menirukan suara ayam berkokok
D. adanya keberanian dan percaya diri dari anak
Jawab:
A. Benar
45. Dengan pengetahuan luas yang dimilikinya, guru dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan anak dengan benar dan jelas. Hal tersebut terutama berakibat pada ....
A. munculnya motivasi guru untuk selalu menambah wawasannya
B. tumbuhnya kepercayaan anak kepada guru tersebut
C. adanya kepercayaan orang tua dan masyarakat terhadap lembaga PAUD
D. perlunya guru menggunakan beraga, pendekatan untuk menyampaikan pengetahuan
Jawab:
B. Benar
46. Hal paling tepat yang harus diperhatikan dalam mengidentifikasikan sumber belajar, antara lain menyesuaikan sumber belajar dengan ....
A. kondisi keuangan yang memadai
B. tuntutan anak pintar
C. kebutuhan siswa
D. kondisi sekolah
Jawab:
C. Benar
47. Untuk memenuhi kebutuhan pengadaan sumber belajar, guru membuat rancangan untuk diproduksi. Usaha pengadaan sumber belajar ini adalh dalam bentuk ....
A. pembuatan
B. hadiah
C. sumbungan
D. hibah
Jawab:
D. Benar
48. Melalui kegiatan bentuk ini pihak TK dapat saling meminjam sumber belajar dengan lembaga lain usaha pengadaan sumber ini adalah dalam bentuk ....
A. kerja sama
B. hadiah
C. pembuatan
D. hibah
Jawab:
A. Benar
49. Nara sumber berikut ini dapat diminta untuk memperkaya wawasan anak TK, kecuali ....
A. polisi
B. dokter
C. pengemis
D. tukang pos
Jawab:
C. Benar
50. Salah satu alasan pentingnya pemeliharaan sumber belajar dengan sebaik-baiknya adalah ....
A. memudahkan guru jika akan meminjam sumber belajar tertentu
B. merancang penempatan sumber belajar secara kaku
C. meningkatkan penggunaan sumber belajar oleh guru
D. agar anak-anak dapat memanfaatkan sumber belajar secara teratur
Jawab:
D. Benar
Download Soal UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK
Kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen pdf yang mana bisa Anda unduh langsung melalui link di bawah ini. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4204 Media dan Sumber Belajar TK Disertai Kunci Jawaban, semoga dengan adanya soal-soal ini bisa menjadi solusi Anda dalam belajar, pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui laman Contact, terima kasih.