Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Disertai Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya kami share untuk Anda Mahasiswa UT jurusan PGPAUD yang sekarang sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Soal ini nantinya bisa Anda jadikan bahan belajar Anda untuk mempersiapkan diri mengikuti UAS yang tak lama lagi akan di laksanakan.

Pada postingan kami kemaren kami juga telah berbagi Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 yaitu Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4004 Teori Belajar dan Pembelajaran yang bisa Anda buka juga dan pelajari untuk persiapan Anda sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya.

Selalu kami sampaikan pada Anda, terkait Soal Ujian UT PGPAUD yang kami bagikan ini. Soal ini bersumber dari materi yang ada pada modul, yang telah di pilih dan di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.

Mempelajari Soal UT seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya tentu akan sangat praktis dan memudahkan Anda, Anda tak perlu membaca keseluruhan materi pada modul. Karena dengan belajar soal-soal seperti ini, Anda akan lebih mudah untuk mengingat materinya.

Perhatian: Soal-soal UT PGPAUD Semester 3 ini menggunakan struktur kurikulum terbaru, jadi jika mata kuliah yang Anda cari tidak ada di semester ini, silahkan Anda cari mata kuliah tersebut di artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD silahkan Anda pilih soal yang Anda butuhkan, materi modul dan soal-soal masih tetap sama, jadi silahkan Anda pelajari.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 3 Lainnya:

Dan tak jarang loh, Soal UT nanti akan keluar sama persis, tentu dengan mudah Anda bisa menjawabnya bukan. Karena tak sedikit dari teman-teman Mahasiswa yang telah lalu mereka berhasil mendapatkan nilai terbaik mereka pada tiap-tiap semesternya setelah mempelajari soal-soal ini.

Soal UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan

1.  Manifestasi dari kedaulatan yang dimiliki sebuah negara tercermin dalam berbagai sifat, diantaranya....
A.  oligopoli
B.  mencakup semua
C.  tidak memaksa
D.  berkonsep konkrit
Jawab:
B.  Benar

2.  Tujuan pendidikan kewarganegaraan diarahkan pada....
A.  kelangsungan hidup satu generasi bangsa
B.  pendidikan fisik
C.  pendidikan militer bagi kaum pelajar
D.  pembinaan sikap dan kemampuan bela negara
Jawab:
D.  Benar

3.  Pembangunan nasional sebagai wujud cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kerangka ketahanan nasional, diwujudkan sesuai dengan arahan kebijaksanaan dan strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional Republik Indonesia yang dirumuskan dengan jelas dalam...
A.  propenas
B.  pendidikan kewarganegaraan
C.  visi dan misi kabinet Indonesia Bersatu
D.  otonomi daerah
Jawab:
A.  Benar

4.  Dalam ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, ‘Bertanah air satu tanah air Indonesia’, secara hakikat menggambarkan konsep satu kesatuan...
A.  biologis
B.  geografi
C.  politik
D.  sosial budaya
Jawab:
B.  Benar

5.  Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik diantaranya adalah....
A.  tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang di seluruh daerah
B.  terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama
C.  secara psikologis bangsa Indonesia mempunyai satu tekad mencapai cita-cita bangsa
D.  tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban sama dalam membela negara
Jawab:
C.  Benar

6.  Munculnya Angkatan “penegas” Sumpah Pemuda (Tahun 1928) menandai perubahan strategi perjuangan dalam melawan penjajah yakni dari strategi perlawanan bersenjata secara lokal menjadi strategi perjuangan dengan jalan....
A.  pendidikan
B.  sosialisasi lembaga koperasi
C.  penyebaran agama Islam
D.  asimilasi budaya melalui perkawinan antar ras atau suku bangsa
Jawab:
A.  Benar

7.  Kualitas yang menunjukkan kekuatan sebagaimana dipersepsikan pihak lain, adalah makna dari salah satu kata kunci dalam konsep ketahanan nasional yaitu...
A.  integritas
B.  tantangan
C.  keuletan
D.  ketangguhan
Jawab:
D.  Benar

8.  Dalam rangka menguatkan ketahanan gatra politik sistem ketahanan nasional, hal yang penting untuk dilakukan oleh bangsa dan negara RI adalah...
A.  bersikap adil, hemat, sederhana, bekerja keras, dan menghargai hasil kerja orang lain
B.  kebijaksanaan pemerintahan sesuai dengan tuntutan dan keinginan rakyat, sistem pemerintahan yang demokrasi dan politik luar negeri yang bebas dan aktif
C.  landasan pembangunan nasional yang bertumpu pada kekuatan pertumbuhan perekonomian, pemerataan dan stabilitas ekonomi
D.  moral dan watak bangsa dilandasi oleh ketakwaan dalam kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan TME
Jawab:
B.  Benar

9.  Contoh yang paling tepat dari penerapan strategi dewasa ini yang diterapkan dalam bidang di luar bidang militer, yakni....
A.  politik, memenangkan parpol dalam pemilu
B.  ekonomi, meminta pengusaha swasta untuk mendanai pemenangan calon pejabat dari partai politik tertentu
C.  budaya, menjual barang hasil seni kriya ke negara lain
D.  ideologi, melakukan kegiatan diplomasi dengan negara lain
Jawab:
A.  Benar


10. Politik dan strategi nasional diimplementasikan pada pembangunan nasional dalam bentuk....
A.  propenas
B.  propeda
C.  rencana pembangunan jangka menengah
D.  rencana pembangunan jangka pendek
Jawab:
A.  Benar

11. Dalam pengertian demokrasi, pemerintahan oleh rakyat (government by the people) berarti pemerintahan menjalankan kekuasaan atas nama...
A.  kekuasaan negara
B.  kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi
C.  undang-undang
D.  rakyat
Jawab:
D.  Benar

12. Abad pertengahan masyarakat bercirikan feodalisme, ada pertentangan antara gereja dan kepala negara, ada penindasan terhadap hak asasi individu sehingga masa tersebut terkenal sebagai abad....
A.  pencerahan
B.  renaissance
C.  kegelapan
D.  revolusi
Jawab:
C.  Benar

13. Dalam kurun waktu tahun 1959 – tahun 1965, pemerintahan RI melaksanakan praktik demokrasi...
A.  Pancasila
B.  parlementer
C.  terpimpin
D.  liberal
Jawab:
C.  Benar

14. Prinsip dasar pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) yang dianut Indonesia sebagai amanat konstitusi, harus didasarkan kepada prinsip bahwa hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial budaya dan hak pembangunan merupakan...
A.  hak yang terpisah satu sama lain dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
B.  hak yang mempunyai landasan hukum turunan dari UUD’45 dalam penerapan, pelaksanaannya, tetapi tidak pada pemantauannya
C.  hak yang dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya tunduk sepenuhnya pada kemauan politik masyarakat tanpa campur tangan pemerintah
D.  satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan baik dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
Jawab:
D.  Benar

15. Salah satu hak yang termasuk sebagai hak ekonomi adalah hak...
A.  hidup
B.  jaminan sosial
C.  kesehatan
D.  kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan
Jawab:
B.  Benar

16. Implementasi demokrasi dan HAM tidak akan bermakna dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat apabila tidak ditunjang dengan penegakan hukum dalam bidangnya, untuk itu, harus diciptakan budaya...
A.  disiplin
B.  hukum
C.  pembelajar
D.  politik
Jawab:
B.  Benar

17. Pemerintahan oleh, dari, dan untuk rakyat di bagian wilayah suatu negara bangsa melalui lembaga-lembaga pemerintahan formal yang berada di luar pemerintah pusat, adalah definisi dari....
A.  desentralisasi
B.  otonomi daerah
C.  dekonsentrasi
D.  tugas pembantuan
Jawab:
B.  Benar

18. Menurut paradigma politik, otonomi birokrasi publik tidak mungkin ada dan tidak akan berkembang karena dari rezim yang berkuasa ada kepentingan....
A.  sosial
B.  budaya
C.  keilmuan
D.  politik
Jawab:
D.  Benar

19. Dalam pemerintahah RI, paradigma birokrasi yang sentralistik telah terbina begitu lama dan mendalam bagi beberapa aparat kunci di instansi pemerintah daerah; untuk itu perlu dilakukan....
A.  kebijakan pemilihan kepala daerah (pilkada) hanya mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerahkebijakan pemilihan kepala daerah (pilkada) hanya mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerah
B.  penataan lingkungan hidup di daerah
C.  penerapan sistem birokrasi mesin secara konsisten pada instansi pemerintah daerah
D.  reformasi administrasi publik di daerah
Jawab:
D.  Benar

20. Pada era otonomi daerah maka orientasi kinerja pemerintahan sepatutnya mengedepankan kinerja pada ....
A.  hasil awal
B.  proses
C.  input
D.  tujuan
D.  Benar

21. Salah satu subbagian dari elemen visi atau misi dalam pengembangan kapasitas pemerintahan (capacity building) adalah...
A.  akuntabilitas publik
B.  pengembangan moral dan etos kerja
C.  penyusunan rencana strategis institusi pemerintahan
D.  pengembangan jejaring Kabupaten/Kota
Jawab:
C.  Benar

22. Penyebab perang menurut konsep ‘dunia yang mengerut’ adalah perang dapat terjadi akibat....
A.  kemajuan teknologi transportasi yang memacu percepatan komunikasi antarmanusia sehingga manusia menjadi saling tergantung dalam seluruh aspek kehidupannya dan mudah terpengaruh akan adanya peperangan mengingat dunia terasa makin sempit
B.  kemajuan ilmu pengetahuan teknologi telekomunikasi menyebabkan ide dan pendapat umum/opini mempercepat perubahan sosial
C.  kemajuan teknik persenjataan, perang menjadi total sasaran penghancuran tidak hanya instalasi militer, tetapi semua yang ada di wilayah negara
D.  peningkatan demokrasi dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat, membuat sebagian masyarakat merasa terancam kenyamanan dan kemakmurannya
Jawab:
A.  Benar

23. Komponen dasar dari sishankamrata yang berfungsi untuk perlindungan rakyat dan melalui mobilisasi adalah ..
A.  TNI
B.  Cadangan TNI
C.  Perlindungan rakyat (linmas)
D.  Rakyat Terlatih
Jawab:
D.  Benar

24. Perjuangan mengusir penjajah dalam perang kemerdekaan RI tahun 1945-tahun 1949, salah satunya dilakukan melalui....
A.  TKR
B.  Bantuan negara-negara asia dan afrika
C.  Kekuatan diplomatik semata
D.  pendidikan
Jawab:
A.  Benar

25. Konteks bela negara mencakup semua bidang kehidupan tersebut (pancagatra) yang menjadi tanggung jawab....
A.  Setiap warga negara
B.  Pemerintah Pusat
C.  Pemerintah Daerah
D.  Organisasi Kepemudaan
Jawab:
A.  Benar

26. Adanya keikutsertaan seluruh warga Negara sesuai kemampuan dalam komponen kekuatan hankamnas adalah cerminan salah satu sifat sistem hankamnas, yaitu ...
A.  kesemestaan
B.  kewilayahan
C.  kerakyatan
D.  kenegaraan
Jawab:
C.  Benar

27. Kebijakan pemisahan Kepolisian RI dari ABRI dianggap sangat tepat, atas dasar pertimbangan...
A.  menghindari kesalahan penanganan masalah politik dalam kehidupan masyarakat sipil
B.  menghindari kericuhan politik nasional
C.  menghemat biaya operasional pertahanan keamanan negara
D.  sentralisasi komando pertahanan di tengah Presiden RI
Jawab:
A.  Benar

28. Untuk mencapai tujuan menumbuhkan kesadaran bela negara serta kemampuan berpikir secara komprehensif integral melalui pendidikan kewarganegaraan, maka pendidikan kewarganegaraan membahas....
1). wawasan nusantara
2). ketahanan nasional
3). politik dan strategi nasional
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1 , 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

29. Peran wawasan nusantara adalah sebagai...
1). geopolitik bangsa Indonesia
2). sistem politik bangsa indonesia
3). geostrategi bangsa Indonesia
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

30. Ketahanan di bidang ekonomi merupakan mata rantai terlemah di antara mata-mata rantai ketahanan nasional Indonesia, mengingat banyaknya kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi yang bersumber pada ciri-ciri struktur ekonomi bangsa Indonesia yakni sebagian....
1). besar rakyat hidup dari sektor pertanian yang baru menggunakan teknologi sederhana
2). produksi nasional berasal dari pertanian sehingga banyak bergantung kepada alam
3). ekspor berupa bahan mentah yang banyak dipengaruhi oleh perubahan keadaan dunia
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2  dan 3
Jawab:
D.  Benar

31. Dalam rangka pembinaan ketahanan nasional, seorang pemimpin bagi bangsa Indonesia yang majemuk, harus memiliki sikap dan perilaku, antara lain....
1). harus berdiri di atas segala paham, golongan atau kelompok kepentingan di Indonesia
2). menindas rakyatnya yang berbeda pendapat demi kepentingan stabilitas nasional
3). menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

32. Akibat globalisasi di mana hubungan umat manusia yang semakin kuat atau intens mempunyai dampak samping, antara lain....
1). tumbuhnya kesadaran hak asasi manusia
2). masyarakat Indonesia cenderung mulai banyak terkena penyakit degeneratif, misalnya jantung dan diabetes
3). demokratisasi dan kesadaran lingkungan hidup yang baik
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

33. Beberapa isu globalisasi yang harus dilihat dari sudut pandang Pancasila diantaranya ...
1). demokratisasi
2). penyatuan mata uang ASEAN
3). hak asasi manusia
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar


34. Kelemahan-kelemahan gatra sumber kekayaan alam Indonesia, antara lain....
1). belum adanya data inventarisasi potensi dan penyebaran sumber kekayaan alam secara menyeluruh
2). belum sepenuhnya sumber kekayaan alam tersebut dimanfaatkan secara optimal
3). teknologi pengolahan yang masih rendah
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

35. Kritik bagi demokrasi sebagai pilihan pemerintahan, antara lain pemerintahan....
1). akan dikendalikan oleh orang-orang kelas menengah dan tidak paham kebijakan negara
2). memberikan peluang untuk korupsi
3). ada manipulasi untuk kepentingan-kepentingan khusus politisi-politisi yang masuk dalam lingkaran dalam
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

36. Negara hukum sebagai salah satu unsur pendukung demokrasi memiliki ciri-ciri....
1). ada jaminan perlindungan HAM
2). tidak ada pemisahan kekuasaan dalam negara
3). terdapat supremasi hukum
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

37. Pada masa kelompok kedua yakni pasca Perang Dunia II, pemikiran HAM memiliki karakteristik berikut ini...
1). hak yuridis kurang mendapat perhatian
2). hak sosial budaya tidak mendapat perhatian
3). hak politik cukup menonjol
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

38. Wacana kontekstualitas budaya dalam pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) dikemukakan oleh Soepomo pada 31 Mei 1945 di sidang BPUPKI bahwa dalam konsep negara integralistik, prinsip-prinsip mendasar HAM itu tidak akan cocok untuk diterapkan mengingat prinsip-prinsip mendasar HAM....
1). mengambil nilai-nilai budaya barat yang individualis
2). adanya jaminan terhadap HAM justru mencerminkan sikap ketidak percayaan dan curiga terhadap kekuasaan
3). mencerminkan kekuasaan musyawarah untuk mencapai mufakat pada tingkat masyarakat umum tetapi kurang merefleksikan suara elit politik
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
A.  Benar

39. Secara operasional bentuk-bentuk hak asasi manusia (HAM) yang terdapat dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, antara lain hak...
1). untuk hidup
2). berkeluarga dan melanjutkan keturunan
3). mengembangkan diri
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

40. Tindak kekerasan terhadap hak sosial ekonomi dan budaya, antara lain...
1). pelanggaran terhadap lingkungan hidup
2). pemiskinan secara struktural
3). proses pemiskinan
A.  1 dan2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

41. Peran capacity building sebagai strategi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dan responsivitas kinerja lembaga pemerintah dalam mewujudkan otonomi daerah, antara lain....
1). organisasi agar berfungsi lebih baik
2). perbaikan kualitas sumber daya manusia
3). perubahan konteks lingkungan yang dibutuhkan organisasi
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

42. Bentuk-bentuk persengketaan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat, tujuan, dasar negara, terdiri dari persengketaan yang terjadi....
1). antarbangsa
2). di dalam negeri
3). dalam negeri yang menyangkut dasar negara
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
D.  Benar

43. Penyebab sumber dari sebuah peperangan adalah...
1). perubahan dalam sistem nilai dan moral
2). perkembangan teknologi perang dengan ditemukannya senjata-senjata mutakhir
3). lahirnya manusia-manusia baru
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
A.  Benar

44. Tahap persiapan dalam perang pembebasan nasional meliputi ....
1). pengadaan latihan khusus
2). perusakan garis-garis komunikasi dan logistik
3). pencetusan kekacauan menjadi gerakan bersenjata di setiap daerah
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
B.  Benar

45. Berikut ini yang merupakan termasuk dalam sistem pertahanan yang berorientasi pada lingkungan suatu negara adalah berorientasi matra...
1). psikis
2). laut (maritim)
3). udara (dirgantara)
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 3
D.  1, 2 dan 3
Jawab:
C.  Benar

Download Soal UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan

Soal inipun sudah tersedia dalam bentuk file dokumen pdf yang mana Anda tidak perlu lagi melakukan copy paste pada artikel ini. Nah untuk mendownload soalnya, silahkan Anda klik link di bawah ini.


Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Disertai Kunci Jawaban, jangan lupa untuk berbagi artikel ini pada teman Anda yang lainnya dengan cara share artikel ini pada teman Anda yang lainnya. Pertanyaan dan reques soal, silahkan sampaikan pada kami melalui laman Contact, terima kasih.