Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain dan Kunci Jawaban
LATIHAN SOAL TEMATIK KELAS 2 SD KURIKULUM 2013 ( K13 )
Tema : 7 – Kebersamaan
Subtema : 3 – Kebersamaan di Tempat Bermain
Jumlah soal isian singkat : 15
Jumlah soal uraian : –
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Mempunyai banyak teman bisa membuat kita merasa ….
a. Sedih
b. Sakit
c. Senang
2. Ketika di sekolah, kita bisa bermain bersama teman di ….
a. Ruang guru
b. Kantin sekolah
c. Halaman sekolah
3. Bermain bersama teman tidak boleh ….
a. Bertengkar
b. Rukun
c. Tertawa
4.
Ibu memotong semangka menjadi 4 bagian
Bagian yang diberi tanda X menyatakan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
Rani memotong roti menjadi tiga bagian
Maka setiap bagian menyatakan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
6.
Alia membeli kue dan membelahnya menjadi dua bagian sama besar
Alia memakan satu bagiannya
Bagian yang dimakan Alia menyatakan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
7. Danu mempunyai teman yang tubuhnya gemuk
Sikap Danu sebaiknya ….
a. Saling mengejek
b. Menghinanya
c. Tetap menghargainya
8. Soni badannya tinggi dan Riko badannya pendek
Sikap mereka berdua sebaiknya ….
a. Saling menghargai
b. Saling membandingkan
c. Saling mencaci
9. Rina dan teman-temannya di kelas selalu mementingkan kebersamaan ketika bermain
Karena kebersamaan bisa membuat suasana menjadi ….
a. Menyenangkan
b. Merugikan
c. Menakutkan
10. Kebersamaan bisa memperkuat tali ….
a. Permusuhan
b. Persahabatan
c. Pertemuan
11. Riska : “Kamu mau kemana, temanku?”
Dinda : “Aku mau pergi ke perpustakaan Ris.”
Kata sapaan yang diucapkan Riska kepada Dinda di atas adalah ….
a. Kemana
b. Temanku
c. Kamu
12. Ali : “Sedang apa dirimu sahabatku?”
Fatmawati : “Ini aku sedang menanam bunga melati.”
Kata sapaan yang diucapkan Ali kepada Fatmawati di atas adalah ….
a. Fatma
b. Sahabatku
c. Sedang apa
13. Mengucapkan kata sapaan sebaiknya dengan kata yang ….
a. Aneh
b. Sopan
c. Lucu
14. Kata sapaan yang buruk bisa membuat hati seseorang menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Tertawa
15. Rendi bermain layang-layang di jalan raya
Kemudian ibunya segera melarangnya
Karena bermain di jalan raya dapat ….
a. Membuat Rendi takut
b. Membahayakan diri
c. Mengundang hewan liar
16. Jaka merebut mainan Danu secara paksa. Sehingga mainan Danu menjadi rusak. Perbuatan yang dilakukan Jaka itu ….
a. Tidak baik
b. Pantas ditiru
c. Sangat tepat
17. Ketika berbuat kesalahan ketika bermain dengan teman sebaiknya ….
a. Menjauh saja
b. Pamit pulang
c. Minta maaf
18. Mengejek teman ketika bermain bisa membuat teman kita menjadi ….
a. Sakit hati
b. Tertawa riang
c. Sakit perut
19. Sikap berikut ini yang bisa membuat nyaman ketika bermain dengan teman adalah ….
a. Saling menghina
b. Saling mengejek
c. Saling menghargai
20. Memahami perbedaan yang dimiliki teman ketika bermain adalah sikap yang perlu ….
a. Dijauhi
b. Dilupakan
c. Dibiasakan
21. Jika kita selalu bersikap baik ketika bermain maka kita bisa mempunyai ….
a. Sedikit teman
b. Banyak teman
c. Banyak musuh
22. Saling berkata kasar kepada teman ketika bermain bisa menyebabkan ….
a. Perlombaan
b. Perkelahian
c. Pertunjukan
23. Anwar membelah roti bekalnya menjadi dua bagian
Anwar memakan satu bagian ketika istirahat
Bagian yang dimakan Anwar dari keseluruhan rotinya dapat dinyatakan dengan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
24. Anggun membawa tiga boneka ketika bermain
Anggun meminjamkan satu boneka kepada Risna
Boneka yang dipinjamkan kepada Risna dari keseluruhan boneka dapat dinyatakan dengan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
25. Alisa membeli empat permen dari kantin, kemudian Alisa memakan satu permen.
Permen yang dimakan Alisa dari keseluruhan permen dapat dinyatakan dengan pecahan ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bermain bersama teman itu rasanya ….
2. Bertengkar dengan teman ketika bermain bisa merugikan …. dan ….
3. Kebersamaan di kelas bisa membuat suasana di dalamnya menjadi ….
4. Rendi tidak suka bermain dengan Doni karena badannya pendek
Sifat rendi itu termasuk sifat yang …..
5. Bersatu kita teguh, bercerai kita ….
6. Orang yang wajib menjaga persatuan di sekolah adalah ….
Santi membagi kue menjadi 3 bagian
Santi memakan satu bagian kuenya
Kue yang dimakan Santi menyatakan pecahan ….
8.
Di meja ada dua buku
Ada buku bersampul hijau dan buku bersampul biru
Buku bersampul hijau dapat dinyatakan dengan pecahan ….
9.
Bu Risma memotong kue vanila menjadi empat bagian
Satu bagian di makan oleh Ahmad
Bagian yang dimakan oleh Ahmad menyatakan pecahan ….
10. Ayam Bu Sari bertelur empat butir
Bu Sari mengambil satu butir telur untuk dimasak
Satu butir telur dari kumpulan semua telur di atas dapat dinyatakan dengan pecahan ….
11. Citra melihat 3 kucing di depan rumahnya
Ada kucing berwarna hitam, putih dan coklat
Kucing putih dari semua kucing yang ada dapat dinyatakan dengan pecahan ….
12. Aldo = “Liburan besok, rencananya kamu mau kemana sahabatku?”
Rudi = “Oh aku ingin pergi memancing di sungai, kamu mau ikut?”
Aldo = “Wah, baiklah aku ikut.”
Kata sapaan yang diucapkan Aldo kepada Rudi di atas adalah ….
13. Dimana saja kita dapat bermain dengan teman-teman kita?
14. Tulislah nilai pecahan dari benda yang diberi tanda X pada gambar di bawah ini :
15. Arsirlah gambar-gambar di bawah sehingga menyatakan nilai pecahan yang ada di bawahnya!
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 2 SD TEMA 7 KEBERSAMAAN
SUBTEMA 3 KEBERSAMAAN DI TEMPAT BERMAIN
A. JAWABAN
1. c. Senang
2. c. Halaman sekolah
3. a. Bertengkar
4. c. ¼
5. b. 1/3
6. a. ½
7. c. Tetap menghargainya
8. a. Saling menghargai
9. a. Menyenangkan
10. b. Persahabatan
11. a. Temanku
12. b. Sahabatku
13. b. Sopan
14. a. Sedih
15. b. Membahayakan diri
16. a. Tidak baik
17. c. Minta maaf
18. a. Sakit hati
19. c. Saling menghargai
20. c. Dibiasakan
21. b. Banyak Teman
22. b. Perkelahian
23. a. ½
24. b. 1/3
25. c. ¼
B. JAWABAN
1. D Menyenangkan
2. Diri sendiri dan teman kita
3. Nyaman
4. Tidak baik / buruk
5. Runtuh
6. Semua warga sekolah
7. 1/3
8. ½
9. ¼
10. ¼
11. 1/3
12. Sahabatku
13. Di taman, di halaman rumah, di halaman sekolah, di lapangan
14. a. 1/3
b. ¼
c. ½
15.