Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 37 38 Uji Kompetensi 1.2 Buku Siswa
Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 37 38 - Kalau untuk materi pembahasan mata pelajaran matematika kelas 10 membahas mengenai persamaan linear, maka kini akan dibahas mengenai bentuk pertidaksamaannya. Masih dalam bentuk yang sama, pembahasan dibagi dua yaitu pertidaksamaan dan variabelnya. Semua itu bisa dibuktikan pada soal latihan uji kompetensi 1.2.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 10Setelah memahami pembahasan materi, lebih diperjelas melalui soal latihan, yang menggunakan kunci jawaban matematika kelas 10 halaman 37, 38 tersebut. Barulah siswa mulai menelaah satu persatu dari soal yang tersedia dan merangkum sebuah rumus atau pola untuk mengerjakan soal dari penjelasan kunci jawaban.
Begitulah cara terbaik untuk bisa menganalisa contoh soal yang ada, agar siswa bisa mengerjakan soal selanjutnya yang agak jauh berbeda dengan soal yang sudah dianalisa tadi. Bahkan, jika siswa sudah lebih mengerti pola dari pertanyaan maka bisa menjawab dan menyelesaikan soal yang agak sulit dari yang lain.
Kunci Jawaban MTK Kelas 10 Halaman 37 38
1. Manakah dari pernyataan di bawah yang benar? Berikan alasanmu.
a. Untuk setiap x bilangan real, berlaku bahwa |x| ≥ 0.
b. Tidak terdapat bilangan real x, sehingga |x| < –8.
c. |n| ≥ |m|, untuk setiap n bilangan asli dan m bilangan bulat.
a. Benar, Karena sesuai dengan sifat-sifat nilai mutlak.
b. Benar, Karena nilai mutlak dari x selalu bilangan positif.
c. Tidak Benar, Karena terdapat n = 1 dan m = 2 tetapi n < m.
2. Selesaikan pertidaksamaan nilai mutlak berikut.
a) HP = {x | -1/2 < x < 7/2, x∈R}
b) HP = {x | x < -28 atau x > 8, x∈R}
c) HP = {x | -7/3 < x < 1, x∈R}
d) HP = {x | 0 < x < 8, x∈R}
e) HP = { x | x < -2/5 atau x > 3/4 }
3. Maria memiliki nilai ujian matematika: 79, 67, 83, dan 90. Jika dia harus ujian sekali lagi dan berharap mempunyai nilai rata-rata 81, berapa nilai yang harus dia raih sehingga nilai rata-rata yang diperoleh paling rendah menyimpang 2 poin?
76 ≤ Nilai ≤ 96
4. Sketsa grafik y = |3x – 2| – 1, untuk –2 ≤ x ≤ 5, dan x bilangan real.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 25-26Siswa diajarkan untuk lebih teliti membedakan antara soal persamaan dan pertidaksamaan dari variabelnya juga. Selain itu, dalam penyelesaian soal diharapkan bisa lebih memahami penggunaan variabel dalam sistem pertidaksamaan yang dipakai.
Penyelesaian soal pun selain mengikuti kunci jawaban, juga bisa membuat pola seperti yang sebelumnya dengan menganalisa soal dan jawaban secara bersamaan. Maka akan terbentuk konsep perumusan yang bisa membuat siswa lancar mengerjakan soal sulit sekalipun. Selain itu, siswa juga terlatih dalam menoperasikan soal matematikan dengan benar.
Oleh karena itu, dengan adanya pembelajaran materi pertidaksamaan linear dengan nilai mutlak dn satu variabel ini bisa membuat siswa makin kreatif dalam mengerjakan soal. Terutama soal-soal yang menggunakan sistem persamaan seperti itu. Dengan begitu, tidak akan ada masalah jika mendapat soal yang jauh berbeda dari pembahasan.