Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 97 98 Uji Kompetensi 3.1 Buku Siswa

Materi fungsi komposisi merupakan jenis materi mengenai operasi dua fungsi yang menciptakan jenis fungsi baru. Materi seperti ini pastinya menggunakan banyak contoh soal, atau bahkan langsung pada latihan soal sesungguhnya pada uji kompetensi 3.1

Kunci Jawaban Matematika Kelas 10
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 11
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 12
  • Mengerjakan soal-soal seperti ini harus memanfaatkan kunci jawaban matematika kelas 10 halaman 97, 98. Siswa bisa menggunakan notasi dalam menyelesaikan persoalan fungsi komposisi, dimana materi ini menggunakan sistem persamaan fungsi.

    Selain itu, sistem persamaan pada fungsi komposisi tidak terlalu rumit sehingga siswa masih bisa menelaah soal-soal dengan baik. Dengan mengetahui pola dari persamaan pada fungsi komposisi, maka Anda akan terbiasa dengan soal-soal yang ada.

    Setelah berhasil memahami fungsi komposisi berikut dengan soal dan penyelesaiaannya, maka selanjutnya adalah berlanjut pada pengoperasian persamaan komposisi tersebut. Pengoperasian harus lengkap setelah semua poin yang mendukung penyelesaian dalam sebuah operasi fungsi komposisi tersedia, maka Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah.

    Kunci Jawaban MTK Kelas 10 Halaman 97 98

    1. Suatu pabrik kertas berbahan dasar kayu memproduksi kertas melaluidua tahap. Tahap pertama menggunakan mesin I yang menghasilkanbahan kertas setengah jadi, dan tahap kedua menggunakan mesin II yangmenghasilkan bahan kertas.

    a)
    f(x) = 6x- 10
    f(50) = (6 x 50) - 10
    = 300 - 10
    = 290 ton
    g(x) =x2+ 12
    g(290) = (290)2+ 12
    = 84.100 + 12
    = 84.112 ton
    Jadi, banyak kertas yang dihasilkan adalah84.112 ton

    b)
    f(x) = 6x- 10
    110 = 6x- 10
    120 = 6x
    x= 120/6
    x= 20 ton
    g(x) =x2+ 12
    g(110) = (110)2+ 12
    = 12.100 + 12
    = 12.112 ton
    Jadi, banyak ton kayu yang terpakai adalahx= 20 ton, dan banyak kertas yang dihasilkan adalah12.112 ton

    2. Diketahui fungsi f(x) = (x − 3) / x, x ≠ 0 dan g(x) =√(x2− 9) . Tentukan rumusfungsi berikut apabila terdefinisi dan tentukan daerah asal dan daerahhasilnya.

    a) f + g
    (f + g)(x) = f(x) + g(x)
    = (x - 3)/x + √(x² - 9)
    = (x - 3)/x + x√(x² - 9)/x
    = [(x - 3) + x√(x² - 9)]/x
    Daerah asal = {x|x ≠ 0, x
    R}
    Daerah hasil = {y| y
    R}

    b) f - g
    (f - g)(x) = f(x) - g(x)
    = (x - 3)/x - √(x² - 9)
    = (x - 3)/x - x√(x² - 9)/x
    = [(x - 3) - x√(x² - 9)]/x
    Daerah asal ={x|x ≠ 0, x
    R}
    Daerah hasil ={y| y
    R}

    c) f x g
    (f . g)(x) = f(x) . g(x)
    = (x - 3)/x . √(x² - 9)
    = [(x - 3)√(x² - 9)]/x
    Daerah asal ={x|x ≠ 0, x
    R}
    Daerah hasil ={y| y
    R}

    d) f / g
    (f / g)(x) = f(x) / g(x)
    = [(x - 3)/x] / √(x² - 9)
    = (x - 3)/[x√(x² - 9)]
    Daerah asal ={x|x ≠ 0, x
    R}
    Daerah hasil ={y| y
    R}

    3. Misalkan f fungsi yang memenuhi f(1/x) + 1/xf(–x) = 2xuntuk setiapx≠ 0. Tentukanlah nilai f(2).

    Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 25-26
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 37-38
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 55-57
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 65-68
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 77-78
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 113-114
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 126-128
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 139-140
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 151-153
  • Pengoperasian fungsi komposisi terdapat pada semester 2 kelas 10, materi ini cukup rumit jika tidak dimengerti dari tahap awal. Jika siswa sudah mengerti keselurahn sifat-sifat komposisi, maka secara garis besar sudah bisa memahami dan menyelesaikan soal fungsi komposisi ini.

    Pengoperasian komposisi bisa dilakukan dari latihan-latihan soal secara khusus. Dengan berlatih rutin mengerjakan banyak soal, akan menemukan titik dimana materi fungsi komposisi ini memiliki pola sendiri dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu, coba lebih banyak memahami soal-soal yang berhubungan dengan komposisi.

    Pahami dan pelajari dengan baik metode yang sudah diajarkan, lalu terapkan pada soal dan lakukan secara rutin. Dengan begitu, siswa tidak akan kesulitan menghadapi soal dari materi ini karena sudah terbiasa dan berpengalaman. Barulah siswa bisa mengikuti materi lainnya yang masih kelanjutan dari materi ini.