Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 Uji Kompetensi Bab 4 Buku Siswa

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285 - Dalam kesempatan ini akan ditayangkan kunci jawaban mapel IPS yang mengambarkan berbagai jenis soal tentang materi masa kemerdekaan di Indonesia. Hal tersebut bisa Anda temukan dan lihat dengan mudah pada lembar kegiatan mengenai materi tersebut.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7
  • Kunci Jawaban IPS Kelas 8
  • Kunci Jawaban IPS Kelas 9
  • Di sini akan digambarkan dengan sedemikian rupa dan pastinya dengan detail sehingga Anda bisa memahami materi ini dengan lebih mudah. Selain itu pada halaman ini Anda juga akan menemukan berbagai jenis soal yang berkaitan dengan materi Indonesia pada masa kemerdekaan.

    Saat itulah Anda bisa melihat dan memanfaatkan kunci jawaban ini untuk bisa mnejawab semua soal dan seluruh materi yang ada pada halaman ini. Kunci jawaban tersebut berisi mengenai jawaban sekaligus penjabaran secara lengkap tentang materi dan soal yang berkaitan dengan pembahasan. Perlu diketahui jika pada halaman ini materinya termasuk materi dasar yang harus dikuasai dan dipahami sebelum melanjutkan belajar kemateri selanjutnya.

    Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283 284 285

    A. Pilihan Ganda

    1. Peristiwa Rengas dengklok memberikan manfaat, yaitu ...
    a. proklamasi kemerdekaan seizin Jepang
    b. Soekarno-Hatta menjadi aman
    c. dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan
    d. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
    Jawaban : D

    2. Proklamasi kemerdekaan telah dilakukan namun Indonesia tetap harus berhadapan dengan ....
    a. Jepang dan Inggris
    b. Jepang, Belanda, dan Sekutu
    c. Jepang dan Belanda
    d. Jepang, Prancis, dan Belanda
    Jawaban : B

    3. Sekutu yang datang ke Indonesia disambut dengan perlawanan oleh rakyat pribumi hal ini di karena kan ....
    a. membantu pasukan Jepang
    b. mengubah pemerintahan RI
    c. membawa pasukan NICA
    d. melucuti tentara Jepang
    Jawaban : C

    4. Ultimatum Sekutu tanggal 23 Maret 1946 di Bandung berisi ...
    a. Supaya membantu Sekutu melucuti senjata tentara Jepang
    b. Supaya rakyat Bandung menyerahkan diri kepada Belanda bagi yang memiliki senjata
    c. agar TRI mengosongkan kota Bandung
    d. agar rakyat membakar kota Bandung
    Jawaban : C

    5. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya disebabkan oleh ....
    a. adanya bentrokan Belanda terhadap rakyat Surabaya
    b. Inggris terang-terangan membantu NICA
    c. Belanda melakukan provokasi terhadap pejuang Surabaya
    d. tewasnya Brigjen. A. W. S. Mallaby
    Jawaban : D

    6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
    • Secara de facto Belanda mengakui Republik Indonesia yang wilayah kekuasaannya Sumatra, Jawa, dan Madura dan Belanda harus meninggalkan daerah paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
    • Terbentuknya Republik Indonesia Serikat (RIS)
    • Terbentuknya Uni Indonesia-Belanda dan diketuai oleh Ratu Belanda.
    Pernyataan di atas merupakan hasil perundingan...
    a. Linggarjati
    b. Renville
    c. Roem-Royen
    d. Konferensi Meja Bundar
    Jawaban : A

    7. Kedaulatan Indonesia diserahkan secara langsung pada saat ....
    a. Perundingan Linggarjati
    b. Perundingan Renville
    c. Perundingan Roem-Royen
    d. Konferensi Meja Bundar
    Jawaban : D

    8. Usaha Belanda memecah belah kedaulatan RI adalah dengan ....
    a. membentuk KNIL
    b. menerapkan blokade ekonomi
    c. melakukan Agresi Militer
    d. membentuk negara-negara boneka
    Jawaban : D

    9. Penyebab utama parlementer pembangunan nasional tidak dapat dilaksanakan adalah ...
    a. ABRI menuntut untuk mengganti presiden
    b. Saling berebut kekuasaan yang di lakukan para petinggi partai
    c. timbulnya demonstrasi-demonstrasi di berbagai daerah
    d. adanya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat
    Jawaban : C

    10. Perhatikan kabinet-kabinet berikut!
    (a) Kabinet Natsir
    (b) Kabinet Sultan Hamengku Buwono IX
    (c) Kabinet Sukiman
    (d) Kabinet Burhanudin Harahap
    (e) Kabinet Dwikora
    (f) Kabinet Pembangunan
    Pada masa demokrasi parlementer kabinet yang terbentuk adalah ....
    a. Kabinet (a),(c), dan (d)
    b. Kabinet (a), (b), dan (e)
    c. Kabinet (c), (d), dan (e)
    d. Kabinet (d), (e), dan (f)
    Jawaban : A

    B. Uraian

    1. Ekonomi Indonesia memburuk pada masa kemerdekaan, demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin. Menurut pendapatmu, apa saja yang menjadi faktor penyebab perekonomian Indonesia memburuk pada waktu itu? Jelaskan!

    Faktor penyebab perekonomian Indonesia memburuk pada masa kemerdekaan, demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin adalah :

    • Indonesia harus membayar hutang-hutang kepada pemerintah Hindia Belanda sesuai hasil sidang KMB,
    • Tidak memiliki ahli-ahli ekonomi ketika terjadi perubahan sistem ekonomi kolonial menjadi sistem ekonomi nasional.
    • Pemerintah terlalu berlebihan membeli perlengkapan militer sehingga pengeluaran tidak sesuai dengan ekonomi dan politik dalam negeri.

    2. Pada saat pemerintahan Orde Baru keadaan ekonomi mengalami kemajuan dengan pesat. Apa saja faktor-faktor pendukung kemajuan pada saat itu? Jelaskan!

    Faktor-faktor pendukung kemajuan perekonomian pada saat pemerintahan Orde Baru adalah :

    • Terdapatnya wajib pajak pendapatan perseorangan
    • Terdapatnya Strategi menghemat pengeluaran dengan kebutuhan pemerintah
    • Kredit bank dibatasi terutama pinjaman ke negara-negara lainnya

    3. Tahun 1998 Indonesia mengalami krisis ekonomi (krisis moneter). Jelaskan faktor-faktor penyebab keadaan tersebut!

    Faktor-faktor penyebab krisis ekonomi tahun 1998 adalah

    • Tidak stabilnya ekonomi akibat dari stok hutang bank luar negeri maupun swasta terutama mendesaknya pinjaman-pinjaman jangka pendek
    • Sistem perbankan di Indonesia terdapat banyak kelemahan-kelemahan
    • Situasi politik yang terguncang membuat keadaan ekonomi terganggu

    4. Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial di Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga reformasi dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat ?

    Perkembangan kehidupan sosial di Indonesia Pada masa reformasi di mulai dengan memberdayakan ekonomi masyarakat kecil dan menengah oleh pemerintah. Bertujuan mengembangkan dan meningkatkan ekonomi Indonesia. Selain itu masyarakat umum yang belum memperoleh pendidikan juga mendapatkan kesempatan belajar yang di berikan oleh pemerintah.

    5. Upaya-upaya apa melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah pada masa Orde Baru dan masa Reformasi ?

    Upaya-upaya yang di lakukan pemerintah untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia pada masa Orde Baru dan masa Reformasi adalah dengan mendaftarkan budaya-budaya tersebut ke UNESCO dan menjadikannya sebagai materi pembelajaran pada mata pelajaran lokal agar tidak di klaim oleh negara lain.

    Download Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 283-285

    Semua penjelasan dan penjabaran yang lengkap dan detail ini bisa Anda dapatkan dengan cara mendownload kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283,284,285 uji kompetensi bab 4. Kunci jawaban ini bisa didownload oleh siapa saja baik itu guru, murid, orang tua atau siapa saja yang ingin mempelajarinya. Adapun format dari kunci jawaban ini adalah PDF saja jadi pastikan Anda memiliki software PDF.

    soal-dan-kunci-jawaban.pdf 124kb
    Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83-84 Uji Kompetensi Bab 1
  • Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 149-150 Uji Kompetensi Bab 2
  • Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 194-196 Uji Pemahaman Materi Bab 3
  • Adapun pembahasan pada materi ini berisi tentang Indonesia pada masa reformasi. Di sini Anda akan dijelaskan mengenai kondisi dan keadaan Indonesia ketika masa reformasi. Masa reformasi adalah masa setelah kita mengalami kemerdekaan untuk itulah penting bagi Anda memahami materi sebelumnya supaya tidak bingung mempelajarinya.

    Disini nantinya akan dijabarkan penjelasan tahap-per tahap dari waktu ke waktu yang berawal dari masa yang merdeka sampai mengalami reformasi dengan pembahasan yang lebih mendalam. Pembahasan yang mendalam dan terperinci ini diharapkan bisa membantu Anda supaya lebih mudah mengerti setiap tahap materi yang Ada.

    Selain itu materi ini juga bertujuan untuk melatih Anda dan para siswa untuk cakap mengerjakan setiap soal yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Dengan begitu ini bisa jadi salah satu alasan penting kenapa kita harus memiliki kunci jawaban ini terutama yang lengkap yaitu kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 283,284,285 uji kompetensi bab 4.